Indonesia merupakan negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Melihat hal tersebut, keberadaan pondok pesantren seakan menjadi sebuah kebutuhan karena pentingnya peran sebagai pusat pendidikan Islam. Namun, pengelolaan manajemen pondok pesantren masih terbilang sangat kurang. Melihat kenyataaan ini, tim P2MW (Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kediri menjawab permasalahan yang selama ini dihadapi oleh pondok pesantren dalam bidang pengelolaan manajemen dengan menciptakan aplikasi yang diberi nama Kazeem. Kazeem adalah digital solution (solusi digital) berbasis website untuk memudahkan pengelolaan manajemen pondok pesantren.
Tim P2MW yang dibimbing oleh Ibu Erika Devi Udayanti S.Kom, M.Cs., dan diketuai oleh Habib Abdullah Faqih serta` beranggotakan Moch Adi Setiawan, Arika Norma Wahyu Dorroty, Agung Dwi Pratyitno, serta Maritza Indira Arkaputri ini menawarkan berbagai manfaat bagi para penggunanya melalui website Kazeem, di antaranya sebagai berikut:
Islamic Boarding School Technology-Based Management
Kazeem mengintegrasikan seluruh layanan manajemen administrasi yang utama di pondok pesantren, seperti administrasi Keuangan, Kepondokan, dan Kesantrian yang nantinya akan meningkatkan performa para pengelola, pengurus, pengajar, serta pengasuh pondok pesantren. Informasi yang diperlukan pun lebih mudah diperoleh, mudah diakses, dan mudah didistribusikan di antara sesama pengguna Kazeem.
- Computer Based Academic Information System
Pengelolaan administrasi akademik pesantren akan jauh lebih efektif dan efisien, khususnya dalam perekaman aktivitas akademik para santri. Seluruh data akademik santri akan terintegrasi dalam berbagai aktivitas yang lain di luar aktivitas akademik, misalnya seperti tahfidz, e-library, dan pengelolaan keuangan sehingga Kazeem dapat membantu meringankan beban baik Ustadz maupun Ustadzah dalam mengelola informasi akademik Pondok Pesantren.
- Integrated Communication Channels & Parent Workspace
Kazeem menyediakan ruang komunikasi khusus bagi pengurus pondok pesantren sehingga pengurus tidak akan lagi mencampuradukkan chat pribadi dengan chat pengurus yang membahas tentang kepondokan. Kazeem juga menyediakan layanan berbasis mobile untuk orang tua yang mana memungkinkan mereka memantau perkembangan studi putra/putrinya.
Berbagai manfaat yang ditawarkan kepada para pengguna layanan pengelola manajemen pondok pesantren menjadikan Kazeem banyak diminati masyarakat dan mendapatkan berbagai penghargaan, yaitu:
- Juara 2 Bisnis Plan Digcofest tingkat Nasional
- Juara 2 Bisnis Plan B-Startion tingkat Nasional
- Juara 3 Kategori Usaha Teknologi Start-up Digital tingkat Nasional
Kazeem hadir untuk menjawab tantangan dan memberikan solusi terbaik di tengah maraknya peningkatan jumlah pondok pesantren di Indonesia yang ternyata tidak diimbangi dengan pengelolaan administrasi pondok pesantren yang baik. Aktivitas manajemen administrasi pondok pesantren dilakukan dengan cara yang masih tradisional. Hal ini didapat dari hasil survey yang dilakukan kepada 10 pondok pesantren di wilayah Kediri, Nganjuk, Tulungagung, Blitar, dan Jombang. Masih banyak pondok pesantren yang belum memanfaatkan teknologi informasi untuk menunjang pengelolaan pondok pesantren sehingga akan menyusahkan pengelolaan administrasi.
Di sisi lain, para wali santri juga kesulitan mengetahui kondisi dan perkembangan putra putrinya selama di pondok karena keterbatasan teknologi informasi. Para ustadz, pengasuh, guru lebih disibukkan dengan aktivitas administrasi ketimbang memberikan layanan bagi para santri. Hal ini tentu berpengaruh pada kinerja pengurus pondok pesantren, sehinggga layanan kepada santri dan wali santri kurang maksimal. Kondisi ini dipicu oleh keterbatasan sumber daya pondok pesantren khususnya dalam penyediaan teknologi informasi yang dapat mendukung manajemen operasional pondok pesantren, dan kendala biaya untuk penyediaan tim infrastruktur TIK secara khusus di pondok pesantren.
"Fakta tersebut menguatkan adanya kebutuhan untuk layanan manajemen pondok pesantren berbasis teknologi dimana pondok pesantren tidak perlu menyediakan sumber daya infrastruktur IT secara khusus. Kazeem hadir sebagai solusi atas kebutuhan pengelolaan pondok pesantren berbasis teknologi informasi berbasis website. Dengan segmen customer yaitu pondok pesantren, maka model bisnis yang diusung adalah business to business (B2B) untuk layanan perangkat lunak berbasis website," jelas Habib Abdullah Faqih selaku ketua tim P2MW Udinus Kediri.
Sejak September tahun 2023, solusi digital website Kazeem sudah hadir dan hingga sekarang masih terus dilakukan pengembangan platform untuk pengelolaan manajemen pondok pesantren. Sekarang ini, Kazeem menawarkan 6 layanan utama, yakni Kepondokan, Kesantrian, Kemadrasahan, dan Dashboard Executive. Setiap layanan tersebut memiliki fitur masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pondok pesantren.
Selain 6 fitur unggulan yang sudah tersedia, nantinya akan segera hadir layanan baru di Kazeem, yakni Kepegawaian dan Keuangan. Begitu juga dengan layanan Penerimaan Santri Baru (PSB) secara online, pengelolaan perpustakaan digital (e-library), pengelolaan kantin pondok, data alumni, sarana prasarana pondok, dan fitur tahfidz. Saat ini, Kazeem menyediakan layanan demo gratis untuk digunakan oleh masyarakat luas. Jika ingin mendapatkan full fitur Kazeem, calon pengguna dapat menghubungi contact person melalui nomor 082337123533 atau bisa juga dengan mengikuti situs website dan sosial media Kazeem, ya! Website : www.kazeem.cloud Instagram: @_kazeem.id Linkedin : Kazeem Id. Facebook: Kazeem Id.