Lihat ke Halaman Asli

Najwa Alifah

Pelajar/Mahasiswa

Sertifikasi Digital Marketing sebagai Penunjang Profesimu

Diperbarui: 16 Juni 2023   19:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan teknologi mendatangkan dampak besar pada kegiatan manusia sehari-hari. Perkembangan tersebut menuntut seluruh sektor untuk melakukan transformasi digital. Aktivitas manusia saat ini mayoritas beralih ke sistem digital, salah satunya aktivitas pemasaran karena kemudahannya dalam mengakases di mana saja dan kapan saja. Hal ini menghasilkan suatu peluang dan keterampilan baru terkait pemasaran digital. Lalu, bagaimana cara memaksimalkan kesempatan tersebut?

"Semua negara sekarang persaingannya sangat ketat. Bukan lagi adu ijazah. Bulan lagi menanyakan izajahmu apa. Namun, skill apa, kompetensi apa, keahlian apa yang kamu miliki." – Ir. Joko Widodo (Presiden Republik Indonesia)

Memasuki era 4.0, kita perlu membuka mata terkait perubahan dan perkembangan zaman terutama pada bidang teknologi dan informasi. Digital Marketing atau pemasaran digital memiliki aksesbilitas dan jangkauan yang lebih luas. Hampir semua orang memiliki akses internet dan media sosial. Proses menargetkan audiens juga lebih tepat karena didukung dengan berbagai alat serta platform. Kita juga mampu melakukan evaluasi berdasarkan analisis yang lebih mendalam. Dari segi waktu dan biaya pun lebih efektif.

Mengingat kemudahan dan pentingnya pemasaran secara digital saat ini, banyak profesi terkait bidang tersebut yang bermunculan dan diminati. Profesi tersebut antara lain:

Digital Marketing Specialist: Mereka memerlukan pemahaman yang mendalam dan bertanggung jawab dalam merencanakan, mengimplementasi, dan mengelola strategi pemasaran digital.

Social Media Manager: Mereka bertugas dalam melakukan pengelolaan dan optimasiterkait bisnis di berbagai platform media sosial yang dimiliki.

SEO Specialist: Mereka bertanggung jawab dalam meningkatkan peringkat website bisnis di mesin pencarian. Selain itu, juga melakukan pengoptimasian website.

Content Marketer: Mereka bertanggung jawab dalam membuat konten terkait bisnis yang menarik dan mampu mendatangkan audiens.

Digital Analytics Specialist: Mereka memerlukan pemahaman mendalam terkait alat analitik digital untuk menganalisi kinerja kampanye digital yang diterapkan.

Dalam menunjang profesi tersebut, sertifikasi digital marketing memiliki peran yang sangat penting. Dalam prosesnya, kita akan memperoleh banyak wawasan dan keterampilan baru terkait pemasaran digital. Seorang digital marketer atau akan lebih dipercaya dan memiliki nilai lebih ketika memiliki bukti sertifikasi profesi tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline