Lihat ke Halaman Asli

Keseruan Outing Class Siswa Kelas IV SDN 120 Kotabaru Bandung ke Museum Sri Baduga

Diperbarui: 3 Juni 2023   15:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru dan Siswa kelas IV SDN 120 Kotabaru Bandung melakukan kegiatan outing class ke Museum Sri Baduga pada hari Jum'at, 17 Maret 2023 - Dokpri

Outing class adalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di luar kelas. Outing Class ini merupakan media pembelajaran paling efektif dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran yang didasarkan bukan teori tapi juga pembuktian di lapangan agar siswa dapat memahami materi dengan lebih mudah dengan pendekatan di museum dan melihat realita yang sesunggunya. Outing class ini juga merupakan proses pembelajaran dengan membawa siswa untuk berkonsentrasi pada pembelajaran di luar kelas, dengan bertujuan agar siswa dapat lebih memahami dan mempunyai pengetahuan yang luas tentang pembelajaran yang mereka pelajari di kelas.

Terdapat 25 siswa Kelas IV SDN 120 Kotabaru melaksanakan outing class ke Museum Sri Baduga. SDN 120 Kotabaru tersebut berada di Jalan Kota Baru III No. 13, Kelurahan Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Sekitar pukul 08.00 WIB, para siswa dan guru wali kelas mulai pergi ke Museum Sri Baduga dengan berjalan kaki dikarenakan jarak sekolah ke tempat tujuan yang cukup dekat. Anak-anak sangat bergembira dan bersemangat selama perjalanan menuju museum tersebut untuk melakukan outing class.

Setelah berjalan sekitar 800 meter, akhirnya tiba di Museum Sri Baduga untuk. Mereka diarahkan untuk masuk dan tempati ruang Auditorium. Selama di ruang Auditorium ini, para siswa menonton film pendek cerita rakyat Jawa Barat. Pada hari itu para siswa diberikan film pendek yang berjudul Lutung Kasarung. Para siswa terlihat antusias dan menikmati film pendek tersebut.

Setelah selesai menonton film pendek, para siswa keluar dari ruang Auditorium. Kegiatan selanjutnya para siswa melihat-lihat koleksi sejarah. Museum ini mempunyai beragam koleksi artefak sejarah dan budaya Jawa Barat.

Museum Sri Baduga menyimpan koleksi peninggalan sejak zaman prasejarah hingga masa kolonial. Seperti perhiasan, mata uang, fosil, bebatuan, keramik, seni budaya, alat musik serta lainnya. Sehingga sangat cocok sebagai tempat kegiatan outing class.

Para siswa berjalan dan menyusuri dengan semangat serta terlihat antusias melihat lihat dengan seksama berbagai koleksi yang ada di setiap lantai museum tersebut. Menurut salah satu siswa Kelas IV SDN 120 Kotabaru mengatakan bahwa outing class ini sangat menyenangkan karena membuat mereka tahu langsung bentuk bentuk peninggalan sejarah yang bukan dari gambar di buku saja tetapi langsung mengunjungi museum.

Kegiatan outing class ini sangat cocok untuk anak SD karena para siswa bisa belajar dengan berwisata. Kegiatan ini juga bisa untuk menghilangkan kejenuhan para siswa yang selalu belajar di kelas. Jadi dengan kegiatan outing class ini siswa tidak hanya bermain, tetapi ada balajarnya dengan mempelajari berbagai macam koleksi peninggalan sejarah yang ada di Museum Sri Baduga sehingga harapannya dengan outing class ini menjadikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan bagi para siswa.

Berdasarkan hal tersebut bahwa kegiatan outing class atau kelas edisi karyawisata ini dengan mengunjungi Museum Sri Baduga sebagai sarana refreshing para siswa karena selama ini kegiatan belajar mengajar selalu dilakukan di dalam kelas. Selain refreshing, kegiatan ini juga sebagai kegiatan edukasi dengan mengenal berbagai macam koleksi artefak koleksi peninggalan sejak zaman prasejarah hingga masa kolonial.

Kegiatan outing class ini banyak memberikan manfaat bagi seluruh siswa. Kegiatan ini membuat siswa dapat berwisata sambil belajar dan menambah ilmu pengetahuan mengenai sejarah. Selama berkegiatan di Museum Sri Baduga, para siswa terlihat ceria dan menikmati kegiatan Outing Class. Mereka berharap semoga di lain waktu para siswa bisa melakukan kegiatan Outing Class kembali.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline