Lihat ke Halaman Asli

Hubungan Pancasila dengan Tawuran Milenial

Diperbarui: 21 September 2022   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Taukah anda , pancasila adalah sebagai cerminan kepribadian bangsa secara sederhana dijelaskan dalam satu kata yang penuh makna yaitu "Bhineka tunggal ika" dengan arti berbeda -- beda tetap satu tujuan yaitu persatuan bangsa . Dalam hal ini sudah seharusnya setiap individu suatu bangsa menjunjung toleransi atas perbedaan yang ada . dari perwujudan sikap inilah bhineka tunggal ika bisa di maknai sebagai cerminan kepribadian bangsa atas dasar nilai pancasila.

Indonesia yang memiliki pedoman pancasila ini tidak luput dari berbagai masalah , salah satunya ialah bergulat atau yang biasa di sebut tawuran . tawuran adalah hal yang lumprah di Negara ini , tak heran lagi karena tawuran di Negara ini sebagai salah satu penunjuk jati diri pada anak , kenapa di sini saya menyebutnya anak karena sebagian besar tawuran adalah seorang pelajar dan kebanyakan adalah pelajar tingkat sekolah menengah . tawuran biasanya terjadi di anatara dua sekolah yang sedang ada konflik/pertengkaran . pemicu tawuran anatara lain terjadinya perkelahian antara siswa dari dua sekolah yang berbeda yang menyebabkan pecahnya perkelahian massal diantara para siswa .

Tawuran dapat juga dipicu dengan media sosial , di era globalisasi ini siapa sih yang tidak memiliki hp/gadget , tentunya semua orang memiliki nya . Dapat saya ambil dari yang sedang tren akhir- akhir ini yaitu tawuran antar pelajar yang menamakan dirinya Katak Bhizer ,katak bhizer merupakan sapaan akrab yang disematkan kepada pemuda bernama Natta Eko , ia mulai dikenal setelah trending di salah satu platform media sosial yaitu Tiktok , dalam tiktok ia sedang di wawancarai di salah satu podcast . ia menyebut tentang pengalaman nya semasa sekolah yang sudah melakukan aksi tawuran antar sekolah . ia sampai di juluki panglima tawuran .karena viralnya podcast ini membuat para pelajar termotifasi ingin menjadi seperti katak bhizer.

Makanya dengan adanya pendidikan pancasila diharapkan agar generasi muda tidak tercabut dari akar budaya sendiri dan agar mereka memiliki pedoman atau dasar dalam berfikir serta bertindak dalam kehidupan sehari -- hari dengan berlandasan makna serta nilai -- nilai pancasila. Banyak sekali nilai -- nilai dari pancasila yang dapat kita terapkan dikalangan lingkungan sekolah , keluarga ataupun masyarakat khususnya dikalangan sekolah . dalam konteks di atas nilai yang terkandung dalam sila -3 ini adalah nilai persatuan nilai ini terkandung dalam sila ke -3 yang berbunyi persatuan Indonesia dari sila ke -3 ini sudah memiliki nilai yang tertuju pada persatuan dan kesatuan yang sudah dimiliki bangsa Indonesia . jadi kita sebagai warga Indonesia harus memiliki sifat persatuan dan jika kalau tidak memiliki maka akan tumbuh nya sebuah konflik dan konflik ini terjadi dikalangan sekolah khususnya konflik tawuran antar sekolah , disalah satu geng dari antar sekolah atau terpicunya keinginan mengikuti jejak orang lewat media sosial . maka dari itu sanagat lah penting pembelajaran pancasila pada setiap lembaga pendidikan .

Dari pendapat saya tentang masalah ini adalah bahwa tawuran ini adalah hal yang melenceng dari norma dan melupakan ciri -- ciri yang tidak akan membuat warga Negara Indonesia ini bersatu dan menjaga Negara ini . jadi kita sebagai warga ataupun pelajar disekolah haruslah tetap saling bersatu dan saling menjaga satu dengan yang lainnya agar tidak terjadi konflik -- konflik yang tidak di inginkan . 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline