Lihat ke Halaman Asli

Najwa Aini

Mahasiswa UnPam ( Universitas Pamulang)

Pentingnya Etika Budaya Antri di Indonesia

Diperbarui: 23 Juni 2022   09:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Judul : PENTINGNYA ETIKA BUDAYA ANTRI DI INDONESIA 

 

Isi Artikel

Hai sobat kompasiana ...

Kalian tau gak sih etika antri di Indonesia saat ini ?

Karena di masa sekarang etika antri sering kali dibaikan, bahkan tak banyak orang tanpa sadar menyepelekan hal kecil seperti mengantri saat berbelanja, mengantri pembagian sembako, mengantri berkendara di lalu lintas dan masih banyak lagi.

Lalu seberapa penting kah etika antri di generasi muda sekarang ? Queue Culture atau budaya antri adalah budaya dimana seorang individu menekan egonya untuk menjadi yang pertama dalam sebuah antrian untuk menjaga ketertiban tanpa ada yang menjaga. Queue Culture sangat penting karena dapat membentuk sebuah karakter individu untuk memiliki kebiasaan sikap disiplin dan rasa menghormati akan orang lain.

Di Indonesia sering kali masih banyak orang yang mengabaikan etika mengantri, kalau kita pikir-pikir lagi sebenarnya mengantri bukan lah hal yang berat untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal jika semua warga negara di indonesia memiliki kebiasaan disiplin akan hal mengantri akan memberikan aura positif bagi masyarakat sekitar.

Etika budaya seharusnya ditanamkan sejak kecil dari lingkungan keluarga, lingkungan bermasyarakat, serta di lingkungan sekolah. Karena jika kita memiliki kebiasaan beretika sejak kecil kita mampu membedakan mana yang baik atau buruk, serta hak dan kewajiban setiap orang. Dimana pun kapan pun setiap manusia dituntut untuk menggunakan etika dalam bergaul termasuk dalam hal mengantri.

Sebagai generasi penerus bangsa marilah kita terapkan kebiasaan akan hal kecil budaya mengantri untuk mewujudkan ketertiban dan keharmonisan bangsa Indonesia.

Nama           : Najwa Noor'aini rofiq

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline