Lihat ke Halaman Asli

Kemiskinan di Indonesia yang menjadi beban negara

Diperbarui: 29 November 2021   23:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hukum. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pada dasarnya pancasila adalah nilai ideologi negara kita. Maka kita sebagai warganya harus meneladi nilai nilai yg terkadung pada pancasila tersebut. Dan pada saat ini banyak kasus kasus yang ada pada negara kita seperti hal nya kemiskinan yang terus menerus meningkat. Itu artinya banyak masyarakat yang kurang respect terhadap pancasila yang menjadi pedoman negara.

Kemiskinan di Indonesia semakin meningkat sehingga banyak sekali yang dirugikan dari masalah sosial ini. Dalam masalah kemiskinan banyak orang yang kurang memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam sudut pandang negara kasus kemiskinan ini menjadi beban negara Indonesia.

Memang tidak ada tindakan yang langsung menghapus kemiskinan di Indonesia. Tarlebih masalah sosial kemiskinan ini sudah mendarah daging. Seseorang yang masuk pada kategori miskin ini memiliki dua faktor yaitu : faktor internal dan eksternal.

Faktor pertama yaitu, faktor internal nya orang yang masuk pada kategori miskin ini karena tidak ada nya usaha dari dirinya sendiri, mungkin bisa disebut terlalu pasrah dalam menjalani hidupnya sehingga ia tak berusaha untuk mengubah nasibnya yang miskin.

Faktor kedua yaitu, faktor eksternal biasa nya dalam faktor ini karena adanya masalah contohnya karena adanya perubahan iklim, kebijakan dari program pemerintahan, kerusakan alam dan karena faktor faktor lainnya.

Dalam menangani  permasalah kemiskinan ini pemerintah  berusaha melakukan pembangunan sosial serta perorganisasian masyarakat.

Akan tetapi sekeras apa pun pemerintah berusaha untuk menangani permasalahan kemiskinan ini, tidak akan ada hasil nya jika dari perseorangan yang mendapat masalah nya saja tidak ada usaha maka tidak akan ada perubahan dalam suatu masalah itu.

Maka kita sebagai warga masyarakat harus sangat lah meneladani nilai nilai yang terkandung dalam pancasila. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline