Lihat ke Halaman Asli

Najmataza

Mahasiswa Seni Rupa Murni

Mahasiswa KKN UNS Kelompok 73 Aktif Berkontribusi di TPA Nurul I'lmi, Karanganyar

Diperbarui: 7 Agustus 2024   20:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi KKN UNS Kelompok 73

Girilayu, Karanganyar – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 73 UNS Surakarta, turut serta mengajar dalam rangkaian kegiatan TPA Nurul I’lmi di Desa Girilayu, Karanganyar. Program kerja ini melibatkan 75 anak, 5 pengajar, dan 10 mahasiswa KKN yang aktif berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan TPA. Kegiatan TPA ini, dimulai dari tanggal 18 Juli - 15 Agustus 2024 dan dilaksanakan setiap hari Minggu, Senin, Rabu, dan Kamis, dimulai pukul 16.00 hingga 17.00 WIB.

Setiap mahasiswa, mengajar 5 sampai 7 anak dengan tertib. Pembelajaran TPA di mulai dengan kegiatan interaktif seperti menghafal surat-surat pendek terlebih dahulu dilanjut dengan membaca iqra’ dan al-qur’an secara individu sesuai tingkatan masing-masing. Kegiatan ini sangat menarik, tidak hanya mengajarkan cara membaca iqro’ dan Al-Quran tetapi juga menggunakan metode pembelajaran edukatif meliputi bercerita tentang kisah-kisah nabi, menghafal bersama, menghafal doa-doa harian serta mempraktikkan bacaan wudhu dan sholat.

Dokumentasi KKN UNS Kelompok 73

Dalam kegiatan TPA ini, Bu Sri salah satu pengajar berharap “Semoga dengan adanya program kerja mahasiswa KKN mengajar di TPA Nurul I’lmi  yang interaktif, anak- anak memiliki pemahaman agama dengan baik dan benar”.

Tujuan umum Tempat Pendidikan Al-Qur’an adalah menjadi wadah Pendidikan agama islam  untuk menciptakan generasi yang ber akhlak dan beriman. “Program kerja kegiatan TPA Nurul I’lmi bertujuan untuk meningkatkan pendekatan pembelajaran agama yang menarik dan interaktif sebagai wujud untuk berkontribusi langsung dengan masyarakat melalui Pendidikan agama anak-anak di desa” ujar Bunga Asa Chantika ketua tim KKN UNS kelompok 73.

Dokumentasi KKN UNS Kelompok 73

Semua rangkaian kegiatan TPA Nurul I’lmi dan Mahasiswa KKN mendapat sambutan hangat dan positif dari masyarakat sekitar. Semoga menjadi contoh kegiatan antara mahasiswa dan masyarakat dalam meningkatkan Pendidikan agama yang berkualitas.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline