Lihat ke Halaman Asli

Tingkatkan Minat Baru Anak-Anak, Mahasiswa KKN Undip Tim I Kenalkan Huruf dan Bahasa Jepang untuk Anak Sekolah Dasar

Diperbarui: 10 Februari 2023   17:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Pengenalan Huruf dan Bahasa Jepang Melalui Tabel di SD Negeri 2 Sirnoboyo/Dokpri

Kab. Wonogiri (14/01/2023).  Usia anak sekolah dasar merupakan fase dimana mereka menyukai hal-hal baru dan mengeksplor segala hal di sekitarnya. Hal tersebut juga termasuk melakukan kegiatan yang mereka sukai seperti hobi. 

Dari berbagai macam hobi yang dapat dipelajari oleh anak-anak, bahasa merupakan salah satu komponen penting yang dapat membantu meningkatkan minat baru anak-anak. Belum adanya kurikulum yang mengharuskan siswa-siswi mempelajari bahasa asing, khususnya Bahasa Jepang pada sekolah dasar, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro TIM I melakukan pengenalan huruf dan Bahasa Jepang dasar untuk anak sekolah dasar.

Pengenalan huruf dan Bahasa Jepang dilakukan untuk siswa-siswi kelas lima dan enam di SD Negeri 1 dan SD Negeri 2 Sirnoboyo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri pada tanggal 11 dan 14 Januari 2023. 

Dalam mengenalkan huruf dan Bahasa Jepang, mahasiswa KKN Undip TIM I menggunakan tema aisatsu yang berarti salam dalam Bahasa Jepang. Aisatsu yang digunakan seperti salam sapaan formal maupun informal yang dapat digunakan sehari-hari oleh anak sekolah dasar. Selain itu, siswa-siswi juga dikenalkan huruf Jepang yaitu Hiragana dan Katakana.

Pada awal pengenalan, mahasiswa KKN Undip TIM I sebagai sensei atau guru memberikan tabel huruf Jepang, Hiragana dan Katakana, menggunakan modul sebagai acuan belajar siswa-siswi. 

Kemudian diajarkan juga cara penulisan huruf Jepang dan beberapa kosa kata aisatsu dan kosa kata lain yang mudah diingat olah anak sekolah dasar. Untuk mengasah kemampuan siswa-siswi sekolah dasar, diberikan latihan berupa kosa kata dalam huruf Jepang yang nantinya siswa-siswi diminta untuk membaca kosa kata tersebut. Misalnya seperti kata "" dibaca "konnichiwa". Pada sesi akhir, untuk meningkatkan minat siswa-siswi sekolah dasar, diberikan quiz berhadiah.

Gambar 2. Pengenalan Huruf dan Bahasa Jepang di SD Negeri 1 Sirnoboyo/Dokpri

Antusiasme siswa-siswi yang sangat tinggi menunjukkan bahwa mahasiswa KKN Undip TIM I berhasil meningkatkan minat baru anak sekolah dasar dalam mempelajari bahasa asing khususnya Bahasa Jepang. Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan minat baru pada siswa-siswi sekolah dasar dan mampu menerapkan ilmu baru yang mereka pelajari di kemudian hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline