Lihat ke Halaman Asli

Najma AthiyaNurmanida

Universitas Brawijaya

Mengenal Apa Itu Buyer Persona dan Cara Membuatnya untuk Meraih Target Pasar yang Tepat

Diperbarui: 24 Januari 2023   11:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Di zaman kompetisi bisnis yang semakin kuat seperti saat ini, bisnis wajib bisa memenangkan pasar untuk bertahan. Supaya memperoleh hal tersebut, bukan hanya sekedar pada aktivitas marketingnya saja, Akan tetapi, bisnis juga wajib mengetahui target pelanggannya secara rinci dengan menciptakan buyer persona.

Apa itu Buyer Persona?

Buyer persona merupakan karakter yang terbentuk dalam pikiran anda ketika menggambarkan pembeli ideal dari produk yang dijual. Secara singkat, itu merupakan representasi dari pembeli ideal bisnis anda. Menciptakan buyer persona bisa membantu untuk memahami target audiens bisnis anda secara lebih mendalam. Dengan demikian, buyer persona lah yang bisa mempermudah Langkah perancangan konten, pengembangan produk, penyusunan strategi pemasaran, dan lain-lain.

Pentingnya Membuat Buyer Persona untuk Bisnis 

Dengan anda membuat buyer persona, anda bisa tetap fokus dalam memngurus pengutamaan pelanggan. Selain itu, buyer persona juga bisa membantu anda untuk mengambil keputusan mengenai penjualan bisnis dan strategi pemasarannya.

Adanya buyer persona dapat memuaskan tujuan pelanggan bisnis anda, membentuk hubungan yang nyata, keyakinan merk dengan bisnis anda, dan membentuk adanya loyalitas.

Dengan demikian, anda harus tau bagaimana cara membuat buyer persona dan menerapkan informasi yang didapat dari persona pembeli untuk strategi pemasaran bisnis yang anda punya.

Manfaat Dalam Membuat Buyer Persona

Sebelum mempelajari bagaimana cara membuat buyer persona, anda harus mengetahui terlebih dahulu manfaat dari buyer persona. Berikut merupakan fungsi dari buyer persona:

  • Memahami konsumen sehingga tepat sasaran
  • Pengembangan produk menjadi tepat seperti yang diinginkan oleh konsumen anda
  • Penawaran yang dibuat menjadi tepat, sehingga memperoleh lebih banyak konsumen
  • Menyamakan value brand bisnis anda denga napa yang dibutuhkan pelanggan
  • Menciptakan strategi pengembangan bisnis dengan memperoleh insight yang baik

Cara Membuat Buyer Persona Supaya Tepat dan Efektif

1. Menganalisis data yang diperoleh dar sei analytic tools

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline