Lihat ke Halaman Asli

Najla Nazihah

Mahasiswa Uin Jakarta

Memilih Usai (Tugas Narasi)

Diperbarui: 14 Oktober 2022   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Seorang gadis tampak membawakan materi dengan percaya diri di atas panggung, tema pendidikan tentu saja membuatnya selalu bersemangat setiap kali diminta untuk menjadi bintang tamu, kali ini sebuah sekolah menengah atas di daerah Jakarta Timur memintanya memberikan sedikit motivasi untuk para siswa kelas dua belas khususnya dalam memilih jurusan serta universitas terbaik untuk mereka.

Galena Andira adalah salah seorang lulusan terbaik di Universitas Gadjah Mada tahun lalu, dirinya berhasil mendapat IPK 3.96 pada program studi Psikologi sehingga membuatnya merasa bangga akan perjuangan dan kerja kerasnya selama ini.

Gadis itu berniat untuk menyumbangkan beberapa buku yang dia miliki ke perpustakaan, selain untuk meningkatkan minat baca Galena berharap dengan buku yang diberikannya para siswa terlebih lagi kelas dua belas dapat menjadi acuan mereka saat memilih jurusan nantinya.

Setelah acara selesai, Galena memutuskan untuk langsung menyiapkan buku-buku yang sekiranya akan dia sumbangkan, mulai dari buku pendidikan hingga buku motivasi yang dahulu dia beli saat mencari jurusan yang sesuai dengan minatnya. Dia meletakkan beberapa buku motivasi yang ada di rak bukunya dalam sebuah kotak, gadis itu juga membuka kardus lamanya yang berisi buku pendidikan semasa SMA dahulu, dia yakin kalau buku-buku itu masih sangat bagus karena Galena sendiri adalah tipe yang merawat sesuatu dengan baik terlebih jika itu miliknya sendiri.

Benar saja, buku-buku sekolahnya dahulu masih bagus dan layak pakai, dia memilah beberapa kedalam kotak yang berisi buku motivasi tadi. Galena terdiam, sudut matanya berhenti pada sebuah buku berwarna merah muda yang masih teringat jelas cerita seperti apa di dalamnya. dia membuka halaman demi halaman perlahan, yang membuatnya hanyut dalam bayangan tentang isi cerita tersebut.

Beberapa tahun lalu, tepatnya saat dia kelas sebelas. Galena adalah anak yang terkenal ceria namun juga penuh misteri, dia tidak pernah berteman dekat dengan siapa pun untuk menceritakan kehidupan pribadinya, suatu hari Galena mengenal seseorang laki-laki yang memperlakukannya dengan sangat baik sampai membuat laki-laki ini menjadi cinta pertamanya. Fabian namanya, laki-laki itu memberinya kasih sayang yang tak bisa Galena dapatkan dari keluarganya, laki-laki yang memperlakukannya seperti dia merasa sangat berharga dan Fabian bangga bisa memiliknya, laki-laki ini juga memberikan hadiah yang sebelumnya tak pernah dia dapatkan.

"Kita putus!" Ujar Galena ditengah dinginnya malam kala itu, setelah mereka berdua quality time bersama mengelilingi kota Jakarta, gadis itu menatap dalam lawan bicaranya tanpa berpaling sekalipun, laki-laki yang sudah menjadi kekasihnya lebih dari setahun itu jelas terkejut karena dia rasa hubungan mereka baik-baik saja sejauh ini.

"Mengapa? Apa alasannya, Na? Salah aku apa?" Dengan cepat Galena menggeleng, suaranya lirih namun mencoba untuk terlihat tegar dihadapan laki-laki yang sangat disayanginya ini.

"Kamu tidak salah apa-apa, Aku hanya harus memutuskan hubungan kita" ini pertama kalinya Galena merasakan sesak yang amat mendalam dihatinya, saat dia tahu bahwa setelah ini tidak ada lagi perlakuan yang sama seperti Fabian memperlakukannya.

"Setidaknya beri tahu alasannya, Na?" Laki-laki masih mencoba bersikap lembut pada gadis didepannya ini, Galena menelan ludah kemudian menjawab, "Pilihannya cuma kamu" ujarnya singkat, jelas membuat Fabian tidak mengerti maksud gadis ini sama sekali.

"Apa selalu aku yang harus kamu singkirkan dalam kehidupan kamu? Apa aku tidak begitu berharga bagi kamu, Na?" Nada tinggi dari Fabian tidak membuat Galena goyah, sebaliknya dia pergi meninggalkan laki-laki itu sendirian setelah menghabiskan waktu menyenangkan sebelumnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline