Lihat ke Halaman Asli

Najla Jihan

Mahasiswi dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidaytullah Jakarta

Si Anak Pintar

Diperbarui: 19 Maret 2023   10:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tugas Menulis 2

Judul :

Penulis :

Penerbit :

Tahun Terbit :

Tokoh :

Menurut cerita pebby, novel kesukaanya yang berjudul " si anak pintar ", menurutnya membaca buku pukat ini sangat lah mengahrukan. pada beberapa bab ketika membacanya sedikit mengeluarkan air mata, contoh pada bab seberapa cinta mamak, selalu saja ceritnya membuat dada menjadi sesak, namun memberikan makna yang besar dan luas karna kasih sayang mamak terhadap anaknya. 

Tentu membuat saya menjadi suka dengan karakter pukat, serta semua anak-anak mamak. pada bagian tentang pelajaran mengahargai sebutir nasi, yang mengaharukan pukat dan brulian membantu mamak mengurus padi di lahan baru, bagian ini lah yang sangat menyayat hati sekaligus pelajaran yang sangat bermakna bagi kehidupan mereka.

Pukat memiliki keunikan, kepintaran yang hingga kenakalan yang khas pada anak anak tidak terlihat olehnya, yang hidup di kampung pada saat itu belum masuk listrik dan dimana pada malam itu masih mengandalkan penerangan dari petromak dan lampu cating, cerita ini diawali dengan perjalanan pukat bersama brulian dan bapak yang naik kereta api untuk ke kota.

Lalu yang bikin penasaran adalah mengetahui ending yang susah ditebak, kalau kita awalnya mengira sahabat pukat yang baik ini meninggal karna banjir bandang, ternyata endingnya malah cerita ini malah akan ada jawaban kemankah sahabatnya tersebut. Maka diakhir bab ini akan kalian temukan jawaban terkait surat yang brulian kirimkan saat pukat masih berkutat dengan penelitian di amsterdam.

Sehingga melalui surat itu,kita akhirnya teka teki Wak Yati pun terkuak dan pukat pun memenuhi janji teka teki tersebut hanya bisa disampaikan di atas wawak kesayangannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline