Mahasiswa KKN IAIN KEDIRI Menyelenggarakan Workshop Pemasaran Produk UMKM di Desa Plaosan Guna Meningkatkan Daya Saing dan Kreativitas Pelaku Usaha Di Era Digital
Kegiatan Workshop Digital Marketing yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN IAIN KEDIRI kelompok 100 dalam mengembangkan UMKM di Desa Plaosan dilaksanakan kemarin (27/07/2023) bertempat di Balai Desa Plaosan. Kegiatan workshop ini diikuti oleh para pelaku usaha UMKM yang ada di Desa Plaosan dengan pemateri Bapak Avhero Arbhanta Manggara dari Rumah Kurasi Kota Kediri. Terdapat berbagai sektor UMKM di Desa Plaosan membuat mahasiswa KKN IAIN KEDIRI berinisiatif untuk membantu Meningkatkan Daya Saing dan Kreativitas Pelaku Usaha Di Era Digital khususnya di Desa Plaosan.
Sebagian pelaku UMKM di Desa Plaosan belum dapat memaksimalkan digital marketing pada pemasaran produk UMKM-nya. Akan tetapi, mereka (pelaku UMKM) sudah menyadari pentingnya digitalisasi dalam pemasaran. UMKM yang ada di Desa Plaosan sangat beragam mulai dari jasa maupun barang. di bidang jasa terdapat online shop, jasa ketik dan percetakan, sedangkan barang yang dihasilkan pelaku UMKM antara lain kerajinan tangan, madumongso, sambel kacang, rempeyek dan makanan enak lainya.
Menurut kepala desa Plaosan kegiatan pelatihan dan penyuluhan pemasaran UMKM yang dilakukan mahasiswa KKN IAIN Kediri sangat membantu dan bermanfaat bagi para pelaku usaha di desa Plaosan mengingat semua kegiatan ekonomi saat ini berbasis digital. Sementara itu Bu Juni selaku salah satu pelaku usaha UMKM desa Plaosan menyatakan bahwa menurutnya kegiatan seperti ini sangat amat membantu para pelaku usaha di desa Plaosan untuk mengembangkan usahanya dan memperlebar sayap pemasaran hingga ke luar daerah, Beliau berharap acara seperti ini akan ada kesinambungan setelahnya.
Pemateri, pak Afero Arbanta Manggara juga mengatakan jika pelaku usaha harus kreatif dalam memasarkan produk usahanya dan harus melihat pangsa pasar, agar produk yang dijual atau yang didistribusikan bisa menghasilkan untung yang banyak. Dan beliau pun juga menyampaikan jika pelaku usaha harus "Think Like Digital Marketing", yakni pelaku usaha harus memikirkan bagaimana memasarkan produknya dengan baik dan yang penting laku terjual untuk setiap harinya, karena frekuensi penjualan yang baik bisa dilihat dari konsistensi penjualan dan perputaran roda usaha di setiap pasar nya.
Beliau juga mengatakan, jika pelaku usaha harus bisa memilih sosial media apa yang ingin digunakan sebagai sarana pemasaran. Dalam kegiatan workshop kemaren, pemateri memilih WhatsApp Business untuk dipraktekkan kepada pelaku usaha di Desa Plaosan. WA Bussiness di pilih karena menurut survey warga sekitar kebanyakan orderan dilakukan melalui media sosial WA. Ada wacana kedepan untuk merambah pemasran melalui media sosial yang lain seperti Instagram, FB atau melalui marketplace seperti Shopee.
Desa Plaosan Kecamatan Wates Kabupaten Kediri,
28 Juli 2023