Lihat ke Halaman Asli

Najiba

Seorang murid

Jebakan Video Pendek Media Sosial

Diperbarui: 19 Oktober 2024   19:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

New York Post

Salah satu dari penyebab kebanyakan orang bisa berjam-jam main HP adalah dari pengaruh video short / video pendek, hal ini karena video pendek sangat mudah diakses dimedia sosial oleh semua kalangan, dari anak-anak, sampai orang tua.

Video pendek memiliki ciri yang jelas, konten yang ringkas dengan ritme yang cepat, oleh karena itu pengguna Smartphone bisa sangat menikmatinya bahkan sampai tenggelam berjam-jam, dan tidakdisadari akan penikmatnya mengembangkan prilaku komplusif (perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang untuk menghilangkan pikiran yang tidak diinginkan dan mengurangi kecemasan) dari waktu ke waktu.

Selain itu juga, video pendek bisa menyebabkan seseorang mempunyai prilaku Adiksi yang dapat memberikan kepuasan langsung kepada penggunanya akibat hormon dopamin yang dihasilkan secara terus-menerus sehingga penggunanya akan sulit untuk berhenti.

Lalu kenapa kebanyakan orang menyukai Video pendek, ada beberapa penyebab diantaranya : video pendek mempunyai kemampuan untuk terus menciptakan tren baru, digunakan untuk mencari informasi secara langsung dari pada harus membaca teks dan bisa tahu apa saja yang sedang viral atau yang terjadi di media sosial.

Seiring berjalannya waktu pengguna video pendek terus semakin meningkat dimedia sosial dan dalam konsumsi dengan porsi yang tidak sedikit setiap harinya oleh karena itu Video pendek ini ibarat pedang bermata dua yang memiliki dampak postif dan negatif.

Baik disadari atau tidak bagi mereka yang megkonsumsi secar berlebihan terhadap video pendek mereka akan kehilangan fokus dan tidak sadar akan lingkunganya, ini disebabkan karena pikiranya akan terus teralihakan dari dunia nyata alis tersangkut pada apa yang ditontonya.

Disisi lain bagi pengguna yang bijak, video pendek tentunya ada manfaatnya dalam peningkatan kualitas hidup karena akses mencari informasi yang mudah.

Oleh karena itu, perlu disadari bersama untuk lebih bijak dan sadar terhadap efek buruk yang disebabkan karena kecanduan menonton video pendek dimedia sosial.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline