Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKM 169 UIN Malang Mengembangkan Potensi Baik Peserta Didik Taman Kanak-Kanak (TK)

Diperbarui: 21 Januari 2023   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Taman Kanak Kanak (TK) adalah jenjang pendidikan anak usia dini dalam bentuk pendidikan formal yang bersedia untuk anak usia 4 - 6 tahun sebelum memasuki sekolah dasar yang bertujuan untuk membantu anak didik mengembangkan potensi baik psikis maupun fisik nya, yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif bahasa, maupun fisik motorik. Lama pendidikan pada sekolah taman kanak kanak yakni kurang lebih 2 tahun.

Mahasiswa KKM UIN Malang membuat program program tertentu yang bertujuan untuk mengembangkan potensi baik pada TK Dharma Wanita Persatuan dan TK Muslimat NU 19 Darussalam, Desa Tanggung, Kecamatan Turen.

Untuk mewujudkan hal tersebut, mahasiswa KKM 169 UIN Malang membaur kepada anak anak untuk menjadi teman belajar dan teman bermain. Salah satu program atau kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa KKM 169 UIN Malang untuk mengembangkan potensi baik yakni membuat program Class Music dengan menggunakan alat musik gitar.

Adapun program atau kegiatan yang dilaksanakan Mahasiswa KKM UIN Malang guna untuk mempersiapkan anak didik melanjutkan pendidikan nya di Sekolah dasar yakni kegiatan berhitung dengan prinsip bermain sambil belajar.

dokpri

Kemampuan berhitung sebagai dasar pengembangan matematika untuk menyiapkan anak secara mental mampu mengikuti pembelajaran matematika lebih lanjut di Sekolah Dasar, seperti pengenalan konsep bilangan, dan lambang bilangan melalui berbagai jenis media dalam kegiatan bermain yang menyenangkan. Berhitung juga diperlukan untuk membentuk sikap logis, kritis, cermat, dan disiplin pda diri anak.

dokpri

Kesimpulan yang dapat diambil dari mengembangkan potensi baik pada anak didik Taman Kanak-Kanak disampaikan oleh salah satu mahasiswa, Najib Ainul Yaqien "Dalam mengembangkan potensi baik pada anak didik Taman Kanak-Kanak tidaklah sama dengan pendidikan menengah pertama ataupun menengah atas. Kita harus dapat membaur terlebih dahulu menjadi teman bermain juga teman belajar. Lalu kita dapat memhami karakter setiap anak, mengingat karakter setiap anak berbeda beda" Ujarnya.

dokpri

dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline