Lihat ke Halaman Asli

Najib Nugroho

Tenaga pengajar di PP. Nurul Ummah Kotagede DIY

Bagaimana Cara Memilih Hosting yang Baik?

Diperbarui: 7 November 2022   15:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kali ini penulis ingin berbagi mengenai bagaimana cara memilih hosting yang baik. Berdasarkan pengalaman penulis, penulis hanya akan membahas mengenai element-element yang penting yang harus diketahui bagi pemula. Pemula harus tahu dasar-dasar dari element-element ini sehingga tidak asal pilih. Berikut penjelasannya...

Bagaimana cara memilih hosting yang baik?

Sebenarnya tidak ada yang benar-benar menawarkan hosting yang paling baik dari setiap penyedia hosting. Semua punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tapi kali ini ada beberapa hal yang patut pemula perhatikan dalam memilih untuk bergabung dengan calon penyedia hosting kalian. Berikut poin-poinnya:

1. Akses Cpanel

cpanel-example-6368c7ef4806a8350c413512.png

Akses Cpanel menjadi urgent dikarenakan dengan akses ini kita bisa mengkofigurasi website kita secara bebas. Kita dapat men-setting website kita sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Akses Cpanel ini ternyata tidak semua penyedia layanan hosting berikan. Pembaca dapat mengunjungi laman dibawah ini untuk penjelasan lebih rinci.

Baca : idcloudhost wordpress Vs wordpress rumahweb

2. Kemudahan dalam payment

11-6368c804856e0a0af569c782.jpg


Payment disini yang dimaksud adalah pembayaran bulanan, tiga bulanan atau tahunan. Jadi setiap hosting memiliki masa aktifnya masing-masing. Oleh karena itu, masa aktif tersebut perlu untuk diperbarui. Nah, untuk memperbarui masa aktif ini diperlukan payment setiap bulannya, tiga bulannya atau setahun tergantung opsi yang dipilih sebelumnya. Kemudahan dalam renewal ini tentu jadi prioritas tersendiri juga.

3. Jangan asal murah

dices-over-newspaper-2656028-1280-1-6368c81808a8b565902ed692.jpg

Banyak pemula yang sering terjebak disini. Keluhan tentang hal ini pun penulis dapatkan juga dari salah satu pengalaman seorang blogger. Hosting murah tapi tidak memuaskan. Banyak penyedia hosting yang berlomba-lomba menyediakan layanan hosting yang paling murah. Tapi pengalaman penulis sendiri membuktikan, murah ini pun berbanding lurus dengan layanan yang diberikan. Semisal, layanan untuk konsultasi ketika website kita ada masalah, tidak adanya layanan untuk migrasi ke penyedia hosting lain dls.

4. Kemudahan login ke akun hosting 

facebook-hacker-tak-bisa-login-akun-medsos-yang-terhubung-dengan-facebook-qj9otwj4la-6368c81f4addee42195d8a22.jpg

Ini menjadi salah satu poin yang penulis soroti. Karena penulis sendiri pernah mengalami kesulitan untuk sekadar login ke akun di hosting penulis. Ini tentu sedikit banyak merusak mood penulis sebagai blogger. Bagaimana mau segera fokus nulis konten kalau untuk sekedar login ke akun hosting sendiri lelet? 

Mungkin 4 hal tersebut yang wajib pemula perhatikan untuk memilih penyedia layanan hosting terbaik. Sekali lagi penulis katakan, tidak ada jasa penyedia layanan hosting yang terbaik. Hanya saja, poin-poin di atas perlu untuk diperhatikan agar konfigurasi website kedepannya lebih mudah. Selamat mencoba :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline