Lihat ke Halaman Asli

naim madjid

ketua program studi Pendidikan Bahasa Arab

Teknologi Tepat Guna dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Indonesia Jeddah

Diperbarui: 20 Juli 2024   16:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Pelatihan Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab/dokpri

Program Pengabdian Masyarakat Internasional merupakan salah satu program yang dianjurkan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kepada para civitas akademika (dosen dan mahasiswa) untuk dilakukan setiap tahunnya. Pada tahin 2024 bulan Januari hingga Mei 2024, salah satu dosen Prodi Pendidikan bahasa Arab UMY, Muh. Naim Madjid, S.S., M.I.S., Ph.D, mengambil peluang berharga ini dengan melakukan pengabdian masyarakat internasional melalui hibah internal UMY sebagai Ketua Tim dan bermitra dengan Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) dan Sekolah Indonesia Makkah (SIM) dengan fokus pada Penerapan Model Pembelajaran Bahasa Asing yang Interaktif Berbasis Teknologi Tepat Guna bagi Para Pelajar di Sekolah Indonesia Jeddah dan Makkah. 

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan skema Teknologi Tepat Guna (TTG) bagi masyarakat Internasional ini telah berjalan dengan lancar dan mendapat respon yang sangat baik dari pihak mitra SIJ dan SILN Makkah. Para siswa tingkat SMP dan SMA sangat antusias menyambut dan mengikuti program/kegiatan tersebut di mana mereja memperoleh penjelasan dan praktek langsung tentang penggunaan teknologi tepat guna dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu metode Arabic In My FaFiFu, Snowball throwing, dan index card-match. Pelatihan tepatnya dilakukan pada tanggal 6-7 Maret 2024 di lokasi Mitra Jeddah dan Makkah dan kedua-dua ketua Mitra, bapak Sutikno, M.Pd. (SIJ) dan bapak Musthof, S.Pd. (SIM) mengapresiasi kegiatan bermanfaat ini. 

Gambar 2. Praktik model Arabic in My FaFiFu/dokpri

Pada prinsipnya, kegiatan pengabdian ini menghasilkan beberapa hal penting di antaranya:
1. Peserta didik dapat mengikuti dengan baik metode pembelajaran yang diterapkan.
2. Para siswa memperoleh input baru terkait metode pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis teknologi tepat guna (Arabic in My FaFiFu, Snowball throwing, dan Index Card-match) dan dapat dijadikan pengembangan bagi guru dalam pengajaran bahasa Arab dan bahasa asing lainnya.
3. Pihak Pengabdi (PBA UMY) dan pihak mitra memperoleh manfaat untuk Pengembangan Pendidikan di Lembaga masing-masing.

Secara keseluruhan, hasil pelaksanaan pengabdian yang telah dicapai melalui pelatihan/workshop yang telah dilakukan memiliki add-value (nilai tambah) bagi peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di tingkat ekolah dan dapat menjadi salah satu branding promosi bagi sekolah dan juga instais pengabdi. Pihak mitra sangat mengapresiasi tinggi kegiatan ini dan mitra maupun tim pengabdi berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dan menghasilkan inovasi-inovasi baru.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline