Lihat ke Halaman Asli

naim madjid

ketua program studi Pendidikan Bahasa Arab

Kolaborasi Internasional, Dosen PBA UMY Ajarkan Bahasa Arab di Seoul

Diperbarui: 19 Juli 2024   20:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Pembelajaran di dalam kelas, myongji university, Seoul, South Korea./dopri

Seoul, Korea Selatan -- Muh. Naim Madjid, S.S., M.I.S., Ph.D., seorang dosen Prodi PBA Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), melakukan perjalanan ke Seoul, ibu kota Korea Selatan, dalam rangka kegiatan riset dan pengabdian masyarakat Internasional. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 25 Mei hingga 31 Mei 2024 ini mengusung tema "Penerapan Metode Inovatif Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pembelajaran Ber-diferensiasi bagi Mahasiswa Korea Selatan."
Selama berada di Seoul, Muh. Naim Madjid memperkenalkan metode pembelajaran bahasa Arab  yang inovatif kepada mahasiswa Korea Selatan yang  bukan penutur asli bahasa Arab. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab mahasiswa yang berbasis pada pembelajaran ber-diferensiasi, yaitu pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan belajar masing-masing siswa.


"Kegiatan ini selain bertujuan mengajarkan bahasa Arab, juga bertujuan untuk membumikan Bahasa Arab ini dalam konteks internasional hingga ke negeri ginseng, Korea Selatan. Mitra kegiatan ini yaitu Myongji University sangat antusias dan merespon dengan baik dan positif kegiatan ini serta berharap kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan di masa mandatang. 

Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan international insight dan juga networking untuk mitra Internasional bagi UMY Khususnya prodi PBA" ujar Muh. Naim Madjid. Ia juga menegaskan secara khusus bahwa metode pembelajaran yang diterapkannya dapat membantu mahasiswa Korea Selatan dalam memahami dan menggunakan bahasa Arab secara efektif.

Gambar 2. Mahasiswa Myongji University, Seoul, South Korea/dopri

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Dosen UMY dalam memperkuat kolaborasi internasional dan kontribusi nyata dalam bidang pendidikan dan pengabdian masyarakat internasional. Diharapkan, kegiatan ini dapat berlanjut dan memberikan inovasi baru dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Gambar 3. foto bersama dengan Mahasiswa Myongji university, Seoul, South Korea/dopri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline