Lihat ke Halaman Asli

Bisnis Online di Era Zaman Berbasis Teknologi

Diperbarui: 28 Desember 2022   20:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bisnis Online di Era Zaman Berbasis Teknologi

Ekonomi merupakan alat utama dalam berkehidupan yang harus dikembangkan serta dipertahankan agar dapat berkehidupan dengan sejahtera. Seiring berkembangnya zaman, teknologi turut berpartisipasi aktif dalam rangka mewujudkan keberhasilan dalam berkehidupan. Belakangan ini banyak terjadi musibah yang menjadikan ekonomi masyarakat terganggu. 

Mulai dari wabah covid-19 hingga bencana alam yang melanda. Hal tersebut tentunya harus diterima oleh masyarakat Indonesia pada khususnya dan juga harus bisa menyikapi agar keadaan ekonomi mereka bisa tetap terjaga atau stabil.

Berbisnis online merupakan salah satu kegiatan berwirausaha yang akhir-akhir ini begitu viral. Kegiatan berbisnis online tentunya juga dengan memanfaatkan atau mengadaptasikan dari perkembangan teknologi yang semakin canggih. Masyarakat bisa berwirausaha atau berbisnis melalui toko-toko online, seperti Shoope, Tokopedia, Lazada, Tiktok Shop, Blibli dan lain sebagainya. Dengan adanya kegiatan berwirausaha berbasis online diharapkan keadaan ekonomi masyarakat Indonesia bisa tetap stabil dan juga berkembang. Perlu digarisbawahi dalam kegiatan ini masyarakat harus bijak dalam penggunaannya. 

Berbisnis secara online juga bisa dilakukan oleh kalangan manapun, mulai kalangan muda hingga dewasa. Hal ini merupakan dampak positif yang dapat dilakukan oleh berbagai kalangan yang mana para generasi muda tentunya pelajar maupun mahasiswa dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sebagai aset dalam mewujudkan ekonomi kreatif. Secara tidak langsung, karakter mandiri, rela berkorban, berjuang, tanggung jawab dalam jiwa generasi muda akan terbentuk dengan adanya kemauan untuk berbisnis diusia muda dengan memanfaatkan bisnis berbasis online.

Bisnis online merupakan salah satu perwujudan dari adanya ekonomi kreatif masyarakat Indonesia. Dengan adanya inovasi ini, diharapkan masyarakat dapat menggunakannya dengan bijak agar kegiatan ekonomi yang mereka harapkan juga terwujud. Dampak positif dari kegiatan ini juga begitu besar, seperti terciptanya lapangan pekerjaan, pendidikan karakter, serta pemulihan dari ekonomi yang mengalami kemerosotan, hal tersebut juga tidak bisa dipungkiri dengan adanya dampak negatif juga.

Generasi muda merupakan sutradara harapan bangsa yang nantinya akan menjadi penerus dari skenario yang telah disusun. Oleh karena itu, semua kegiatan terutama kegiatan ekonomi diharapkan mampu berjalan dengan sejahtera dengan adanya ekonomi kreatif masyarakat Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline