Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada masyarakat. PMM sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malanga (UMM). Salah satunya yang dilakukan oleh kelompok 161 Mitra Dosen. Adapun dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu, bapak Rinaldy Achmad Roberth Fathoni, S.AB., M.M. dan Dr. Achmad Mohyi M.M. yang di koordinatorkan oleh Nailul Farrel Febrianto Dzaky,dari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis prodi Manajemen beserta empat anggotanya, yaitu Nadya Anggraini, Fa'iq Adibah Gery Firdhani, Nadhilah Fajrin, dan Rendy Noer Cakra Sanjaya dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis prodi Manajemen.
Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan kegiatan riset market dan riset kompetitor. Melihat Pada Perkembangan Taman Rekreasi Sengkaling UMM kesulitan dalam menarik pelanggan baru. Melalui Riset Market dan Riset Kompetitor dan diskusi bersama Tim Marketing Taman Rekreasi Sengkaling kami ingin membantu melalui pembuatan riset market dan riset kompetitor ini. Langkah pertama kegiatan ini adalah dengan melakukan identifikasi tujuan riset kemudian dilanjutkan dengan analisis data dan identifikasi kompetitor utama. Melalui Data tersebut memudahkan bagi Mahasiswa PMM kelompok 161 dapat membuat riset market dan riset kompetitor yang komprehensif untuk Taman Rekreasi Sengkaling. Ini akan memberikan wawasan berharga tentang pasar, membantu menyesuaikan strategi pemasaran, harga, fasilitas, dan layanan untuk meningkatkan daya saing dan menarik lebih banyak pengunjung. Kegiatan riset pasar dan riset kompetitor ini memiliki tujuan utama yang berbeda namun saling terkait untuk membantu Taman Rekreasi Sengkaling UMM untuk mencapai kesuksesan dalam pasar yang kompetitif, yang dimana dapat membantu meningkatkan kunjungan para wisatawan.
Kegiatan pembuatan riset market dan riset kompetitor ini dilakukan bersama seluruh anggota PMM kelompok 161. Isi dari riset market terdiri dari analisis trend pasar, analisis demografi, analisis psikografis, analisis kepuasan pelanggan. Sementara untuk isi dari riset kompetitor terdiri dari identifikasi pesaing, peluang dan ancaman, kekuatan dan kelemahan, strategi pemasaran, analisis produk atau layanan, posisi pasar.
Kami berharap dengan pembuatan riset market dan riset kompetitor ini dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang pasar sasaran, persaingan, kebutuhan dan preferensi pengunjung potensial serta dapat menarik lebih banyak pengunjung. Kelompok 161 juga berharap apa yang telah kami berikan dapat diterapkan seterusnya oleh Tim Marketing Taman Rekreasi Sengkaling UMM.
(umm.ac.id)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H