Assalamualaikum wr wb
Disini saya akan menjelaskan Pengertian danTokoh Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme.
Apa itu Rekontruksifisme.....???
Jadi, Rekonstruksionisme berasal dari bahasa inggris Reconstruct yang berarti menyusun kembali. Dalam filsafat pendidikan aliran rekonstruksionisme adalah suatu aliran yang berusaha merombak tata susunan lama dan membangun tata susunan hidup kebudayaan yang bercorak modern.
Aliran Rekonstruksionisme pada prinsipnya sepaham dengan aliran perennialisme, yaitu hendak menyatakan krisis kebudayaan terhadap modernisasi. Walaupun demikian, prinsip yang dimiliki aliran rekonstruksionisme tidaklah sama dengan prinsip yang dipegang perennialisme. Keduanya mempunyai visi dan cara yang berbeda dalam pemecahan yang akan ditempuh untuk mengembalikan kebudayaan yang serasi dalam kehidupan Aliran perennialisme memilih cara sendiri, yakni dengan kembali ke alam kebudayaan lama atau dikenal dengan "regressive road to culture" yang mereka anggap paling ideal.
Sementara itu aliran rekonstruksionisme menempuh dengan jalan berupaya membina suatu kesepakatan yang paling luas dan mengenai tujuan pokok dan tertinggi dalam kehidupan umat manusia. Untuk mencapai tujuan tersebut, rekonstruksionisme berusaha mencari kesepakatan semua orang mengenai tujuan utama yang dapat mengatur tata kehidupan manusia dalam suatu tatanan baru seluruh lingkungannya, maka melalui lembagai dan proses pendidikan.
Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme yaitu :
Paulo Freire
Menurut beliau dapat mengembangkan suatu pendidikan yang dapat dimiliki masyarakat.
Caroline Pratt
Menurut beliau peserta didik dapat berfikir secara efektif dan dapat menjadikan anak didik lebih baik.