Lihat ke Halaman Asli

Naila Shafa

Pelajar di MTsN Padang Panjang

Resensi Non-Fiksi

Diperbarui: 6 Juni 2024   00:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Buku berjudul " Eksplorasi Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk Kelas IX SMP dan MTS" Layakkah di MTsN Padang Panjang ?

Buku ini berjud Eksplorasi Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk Kelas IX SMP dan MTS ini dikarang oleh Arinto nugroho dan Budi Purwonto pada tahun 2020 di kota solo oleh PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri dengan jumlah halaman 364.

Buku ini diawali dengan Pembahasan BAB Memahami Ketentuan hukum bacaan Mad. Mad yang dibahas pada BAB ini yaitu Mad lazim mukhafafah kilmi, mad lazim musaqqal kilmi, mad lazim mukhafafah harfi, mad lazim musaqqal harfi, selain itu dibahas keutamaan dan kaidah ilmu tajwid.

Adapun pada BAB kedua membahas persoalan ayat-ayat al-qur'an tentang jujur dan muamalah. Kandungan dan keterkaitan QS Al-Mutaffifin/83:1-7 dan QS Al-An'am/6:152 dengan jujur dan muamalah serta dijelaskan juga cara membiasakan, dampak positif ,serta fenomena jujur dalam bermuamalah.

Kemudian pada BAB ketiga menjelaskan hadits-hadits tentang kejujuran, hadits tentang mengurangi timbangan, keterkaitan kedua hadits tersebut dan semangat amar makruf, bahi munkar sebagai bentuk penerapan hadits dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, pada BAB Keempat ini membahas ketentuan Bacaaan gharib, mad, dan qasr dalam al-qur'an, disertai rangkuman dan latihan soal.

Selanjutnya di BAB kelima menjelaskan semangat menunutut ilmu dalam belajar. Terdapat 2 surah al-qur'an yang membahas masalah ini yaitu Q.S Abasa ayt 1-10 dan Al-mujadalah ayat 11. Ada juga keterkaitan dan penerapan kedua surah tersebut.

Lebih hebatnya di BAB terakhir membahas sikap pantang menyerah dalam meraih keberhasilan. Di BAB ini terdapat hadits riwayat muslim dari Abu Hurairah dan Hadits riwayat Ibnu Majah dari Shafwan bin Assal Al-Murdi. Ada juga fenomena pendidikan untuk meningkatkan semangat pantang menyerah serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Buku Al-Qur'an dan Hadits 3 untuk kelas IX Madrasah ynag saya resensi ini berjenis nonfiksi. Buku ini sangat berguna di bidang pendidikan sebagai buku acuan sisiwa dan guru.

Bahasa yang dipakai adalah bahasa resmi yaitu bahasa indonesia seperti buku nonfiksi pada umumnya. Buku ini berbahasa baku seusai EYD. 

Sistematika susunan buku ini terperinci dengan diawali oleh halaman depan, daftar isi, dan BAB. Setiap BAB terdapat SubBAB. Di dalam subBAB membahas materi seuai BAB, diantaranya pengertian, ayat Al-Qur'an dan hadits, ciri-ciri, keterkaitan ayat Al-Qur'an dan hadits, penerapan dalam kehidupan sehari-hari, rangkuman dan uji kompetensi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline