Lihat ke Halaman Asli

Upaya KKNT Inovasi IPB University Meningkatkan Kesadaran Hidup Bersih dan Sehat dengan Kegiatan Sehat bersama Jayamekar (Sejaya) di SDN Jayamekar

Diperbarui: 19 Agustus 2024   00:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKNT Inovasi (Rabu 17/07/2024)

Edukasi sejak dini dapat diterapkan untuk membentuk kebiasaan baru. Membangun kebiasaan baru yang bagus tentu menjadi hal yang baik. Hal ini pun dilakukan dalam upaya membangun kesadaran akan hidup bersih dan sehat pada masyarakat di Desa Jayamekar, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tim KKNT Inovasi Desa Jayamekar berupaya  membentuk kebiasaan hidup bersih dan sehat pada siswa-siswi sekolah dasar. dengan kegiatan "SEJAYA" yaitu Sehat bersama Jayamekar. Desa Jayamekar memiliki berbagai kendala yang dihadapi masyarakat, salah satunya terbatasnya fasilitas kesehatan.  Oleh karena itu kegiatan ini diharapkan menjadi sarana belajar siswa-siswi untuk memulai kehidupan baru dengan penerapan pola makan dan kebersihan yang tepat demi terjaganya kesehatan dan pertumbuhan optimal.

KKNT Inovasi IPB Univeristy (Jumat 26/07/2024)

Kegiatan dilaksanakan di dua sekolah dasar di Desa Jayamekar yaitu SDN 1 Jayamekar dan SDN 2 Jayamekar. Kegiatan yang diadakan yang dilaksanakan di dua sekolah tersebut berbeda. Pada SDN 1 Jayamekar dilaksanakan edukasi Pedoman Gizi Seimbang berupa Isi Piringku dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kegiatan edukasi diselingi dengan games yang seru dan menyenangkan yang dapat mengukur pemahaman siswa-siswi berkaitan dengan materi edukasi yang diberikan. Sebelum dilaksanakan sosialisasi, dilaksanakan juga senam bersama yang diikuti oleh seluruh murid dan staf pengajar. Mereka sangat antusias mengikuti senam. Senam merupakan praktik langsung mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

KKNT Inovasi IPB University (Rabu 17/07/2024)

Kegiatan juga dilakukan di SDN 2 Jayamekar. Kegiatan yang dilakukan berupa edukasi Pedoman Gizi Seimbang dan lomba kebersihan kelas. Lomba kebersihan kelas diikuti oleh seluruh kelas (kelas 1-6). Lomba dibagi menjadi 2 kategori yaitu kelas bawah (kelas 1-3) dan kelas atas (kelas 1-6). Aspek penilaian lomba berupa kebersihan dan kerapian ruang kelas. Tak disangka yang menjadi pemenang yaitu kelas 1 dari kategori kelas bawah dan kelas 5 dari kategori kelas atas. Lomba kebersihan pun menjadi praktik langsung mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Kegiatan yang dilaksanakan juga menggunakan media edukasi yang menarik seperti Powerpoint yang berwarna, video, poster, leaflet. Hal ini sebagai upaya melaksanakan kegiatan belajar yang menarik dan menyenangkan. Siswi-siswi mengaku kegiatan edukasi yang kami lakukan seru dan menyenangkan. Begitupun dengan kepala sekolah dan staf pengajar menyatakan kegiatan kami bagus dan penting bagi siswa-siswi dalam membentuk kebiasaan baru yang peduli pada kebersihan serta kesehatan lingkungan dan diri sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline