Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Undip Berdayakan KWT Desa Pakis dengan Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana

Diperbarui: 19 Agustus 2024   00:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaksanaan program kerja "Edukasi dan Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana pada Kelompok Wanita Tani"/dokpri

Magelang, 26 Juli 2024 – Pengelolaan keuangan yang baik menjadi landasan bagi kesuksesan usaha kecil maupun besar. Untuk itulah mahasiswa KKN Universitas Diponegoro menyelenggarakan Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) "Dewi Tani" di Dusun Bojong, Desa Pakis, Kabupaten Magelang.

Pelatihan diadakan pada Jumat (26/7) dipimpin oleh Nailah Hanun, mahasiswa S1-Akuntansi Universitas Diponegoro, yang memberikan edukasi terkait pentingnya pencatatan laporan keuangan bagi para anggota KWT. Meski KWT masih berfokus pada penjualan cabai segar, pentingnya mencatat setiap transaksi, pengeluaran, dan pemasukan dianggap krusial untuk memonitor perkembangan usaha.

“Dengan pencatatan keuangan sederhana, ibu-ibu bisa mengetahui berapa keuntungan yang diperoleh setiap bulan dan bisa memperhitungkan biaya yang dikeluarkan. Ini membantu membuat keputusan yang lebih tepat untuk usaha ke depannya,” ujar Nailah saat memberikan materi.

Selama pelatihan, Nailah menjelaskan cara mudah untuk membuat buku kas sederhana yang bisa digunakan untuk keperluan usaha harian. Para anggota KWT pun terlihat antusias dalam mengikuti langkah-langkah yang diberikan, karena selama ini mereka belum terbiasa dengan pembukuan formal.

Foto Bersama Pengurus KWT/dokpri

Ibu Dalmi, selaku Ketua KWT, menyatakan bahwa pembukuan sederhana ini menjadi hal baru yang sangat bermanfaat. “Kami biasa mencatat hasil penjualan di buku tulis biasa, tapi tidak teratur. Dengan pembelajaran ini, kami jadi tahu cara mencatat dengan lebih baik dan rapi,” tuturnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja KKN Universitas Diponegoro yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat di pedesaan, khususnya dalam bidang pertanian dan pengembangan keterampilan administrasi usaha/organisasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline