Lihat ke Halaman Asli

KKN BTV 3 UNEJ: Meningkatkan Penjualan dengan Strategi Pemasaran Branding dan Digital Marketing

Diperbarui: 29 Agustus 2021   17:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

unej.ac.id

Pandemi covid 19 hingga kini masih terus merebak ke berbagai daerah di Indonesia. Jumlah orang yang terpapar virus covid 19 pun masih terus bertambah setiap harinya. Keadaan tersebut menyebabkan pada tahun 2021 ini, Universitas Jember memutuskan untuk mengadakan  kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) secara mandiri di tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Kegiatan KKN tersebut dilakukan via daring dengan pengawasan DPL masing-masing. 

Topik KKN yang dapat dipilih oleh para mahasiswa diantaranya Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid19, Program Inovasi Tehnologi/informasi Dalam Penanganan Covid19, Program Pemberdayaan Bumdes/jaring Pengaman Desa Penanganan Covid19, Program Literasi Desa Pada Masa Pandemi Covid19, serta Program Penanganan Stunting Dan Aki Akb.

Pada pelaksanaan KKN di tahun 2021 ini, penulis  melaksanakan KKN di Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo. Topik KKN yang dipilih oleh penulis adalah Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid19. Desa Alasmalang merupakan daerah yang cukup dekat dengan pantai, sehingga menyebabkan suhu di  desa alasmalang terasa panas. 

Hal ini dapat  menjadi peluang usaha bagi para penduduk desa alasmalang. Salah satu penduduk desa alasmalang yang memanfaatkan peluang tersebut adalah ibu Mansyur. Ibu mansyur memanfaatkan peluang tersebut dengan membuka usaha  rengginang dan kerupuk pattola.

Usaha rengginang dan kerupuk pattola milik ibu mansyur sudah berjalan selama kurang lebih 8 tahun. Dalam menjalankan usahanya, ibu mansyur memiliki beberapa permasalahan. 

Beberapa permasalahan yang dialami diantaranya adalah label kemasan produk yang kurang menarik, kurangnya usaha untuk mempromosikan produk, serta pendapatan usaha yang belum mencukupi untuk mempekerjakan pekerja. Oleh karena itu melalui kegiatan KKN ini, penulis berusaha mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Pada minggu pertama, penulis melakukan sosialisasi  terkait program KKN kepada mitra sasaran yakni Ibu mansyur serta kepada kepala desa Alasmalang. Pada minggu kedua, penulis membuat banner sebagai media promosi offline serta label kemasan produk yang lebih menarik dengan mendiskusikannya terlebih dahulu bersama mitra sasaran. 

Selain itu di minggu kedua, penulis juga melaksanakan kegiatan kelas KKN via zoom yang sudah diajukan di minggu pertama, dengan pemateri Ahmad Nurdiansyah dan bertema “Strategi Pemasaran di Masa Pandemi Covid19”. Pada minggu ketiga, penulis membantu mitra sasaran dalam proses produksi dan packaging produk. 

Tak hanya itu, pada minggu ketiga penulis mendampingi mitra sasaran dalam membuat akun shopee dan facebook sebagai bentuk penerapan digital marketing dalam memasarkan produk. Pada minggu keempat, penulis melakukan bimbingan lebih lanjut kepada mitra sasaran dalam memasarkan produk menggunakan shopee dan facebook.

Serangkaian kegiatan yang sudah dilakukan penulis selama kegiatan KKN berlangsung, diharapkan dapat membantu mitra sasaran dalam menaikkan pendapatan usahanya serta dapat membantu mitra sasaran dalam memasarkan produknya secara online melalui shopee dan facebook.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline