Lihat ke Halaman Asli

Naila Magda R

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta

Peran Public Relation dalam Salah Satu Maskapai Penerbangan di Indonesia

Diperbarui: 16 Mei 2023   12:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama: Naila Magda Robina
NPM: 22010400002
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Prodi: Ilmu Komunikasi
Matakuliah: Pegantar Public Relation
Dosen Pengampu: Dr. Tria Patrianti, S.Sos, M.I.Kom.


Peran Public Relations (PR) dalam maskapai penerbangan sangat penting dalam membangun dan
memelihara citra positif perusahaan di mata publik. PR bertanggung jawab untuk mengelola
komunikasi eksternal dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder), seperti penumpang,
media, pemerintah, dan masyarakat umum. 

Mereka berperan dalam menginformasikan dan
mengedukasi publik tentang berbagai layanan, produk, dan inisiatif maskapai penerbangan.
Sehingga Public Relation sangat berperan dalam membangun citra positif dan meningkatkan
kepercayaan pelanggan terhadap maskapai tersebut.

Tugas utama PR dalam maskapai penerbangan termasuk menyusun strategi komunikasi,
merencanakan acara atau konferensi pers, menangani pertanyaan dan keluhan publik, serta
membangun hubungan yang baik dengan media. Mereka juga terlibat dalam mempromosikan citra
maskapai melalui berbagai saluran komunikasi, seperti media sosial, situs web, dan publikasi
perusahaan.

Dalam industri penerbangan, Public Relation juga dapat membantu maskapai untuk menghadapi
situasi krisis dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul dalam operasional seharihari.

Salah satu peran Public Relation lain adalah meningkatkan pengalaman pelanggan. Public Relation
maskapai penerbangan harus mampu meningkatkan pengalaman pelanggan selama menggunakan
layanan maskapai. 

Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan layanan yang baik dan
memuaskan, seperti layanan pelayanan pelanggan yang responsif, makanan dan minuman yang
berkualitas, serta fasilitas yang memadai di dalam pesawat. Pelanggan yang puas akan
memberikan testimoni positif dan merekomendasikan maskapai penerbangan tersebut kepada
orang lain.

Inilah strategi yang dipakai oleh salah satu Maskapai penerbangan murah atau low cost carrier,
Super Air Jet. Maskapai penerbangan yang diresmikan pada Maret tahun 2021 lalu.

Dalam konferensi Pers peresmian nya, hal menarik yang dapat kita lihat dari Super Air Jet (SAJ)
adalah positioning dan segmen pasar yang mereka umumkan untuk menjadi sasaran mereka. SAJ
memposisikan dirinya sebagai maskapai penerbangan yang membidik pasar anak muda alias
generasi milenial. Ini ditunjukkan dengan busana yang dikenakan para crew-nya yang
berpenampilan casual (santai). 

SAJ juga menghadirkan terobosan untuk mengakomodasi
kebutuhan para travelers millenials yang ingin pengalaman berbeda saat menikmati penerbangan.
Dengan menjual "pengalaman", SAJ menyediakan fasilitas untuk para millennials yang mana
mereka bisa menikmati berbagai hiburan melalui handphone atau gadget-nya masing-masing.
Mulai dari menonton film, vlog, bermain games, membaca majalah digital, dan hiburan lainnya.
Semuanya bisa diakses secara gratis.

Dikutip dari berbagai sumber, Ari Azhari selaku Direktur Utama Super Air Jet menyatakan "Super
Air Jet yang mengusung konsep sesuai tren terkini atau milenial telah mempelajari kebiasaan
utama kalangan muda-mudi, salah satunya tak lepas dari handphone. Akhirnya, Super Air Jet
menyesuaikan dengan hiburan di pesawat dan di darat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline