Lihat ke Halaman Asli

Naila PutriTsaniyah

mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Opini mengenai Problematika dan tantangan dalam meningkatkan mutu Lembaga Pendidikan Agama Islam di Indonesia

Diperbarui: 7 Oktober 2024   23:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

OPINI MENGENAI PROBLEMATIKA DAN TANTANGAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA.

 

 

Naila Putri Tsaniyah

Mahasiswa semester 1 Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Jakarta.

Alumni Pesantren modern Ummul Quro Al-Islami Bogor.

Seperti yang kita ketahui bahwa Negara Indonesia merupakan suatu negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Namun dalam bidang Pendidikan , Sebagian Masyarakat sering menganggap bahwa Pendidikan Agama Islam selalu menempati pada posisi deretan kedua dalam sistem pendidikan nasional. Padahal, sebenarnya, setiap bentuk pendidikan, baik Pendidikan nasional maupun Pendidikan Islam pasti memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk membentuk manusia yang dapat benar-benar mampu menjalankan perannya sebagai khalifah dimuka bumi. Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa Pendidikan agama islam masih memiliki sejumlah problematika atau berbagai masalah dalam meningkatkan kualitas Lembaga Pendidikan Islam.

Problematika yang menjadi tantangan bagi lembaga pendidikan agama islam dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama islam di Indonesia antara lain: kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap Lembaga Pendidikan, sarana prasarana yang kurang memadai, keterbelakangan dalam hal teknologi, lemahnya visi dan misi kelembagaan, Islam, dan kurangnya profesionalisme dalam bidang kependidikan dan islam itu sendiri.

Selain itu, Pendidikan Agama Islam masih dianggap kurang penting oleh Sebagian Masyarakat di Indonesia. Sehingga Lembaga Pendidikan Agama Islam menjadi pilihan terakhir bagi orang-orang yang tidak dapat diterima di Lembaga Pendidikan di lingkungan Dinas pendidikan. Situasi ini yang sering kali ditemui pada Sebagian Masyarakat Indonesia.

Sebenarnya, lulusan madrasah memiliki kualitas atau keunggulan yang lebih dibanding dengan lulusan sekolah umum karna muatan Pendidikan agama lebih banyak daripada di sekolah umum. Ini berarti Pendidikan moral yang dikandung dalam mata Pelajaran agama lebih banyak diajarkan di madrasah. Namun pada kenyataannya, lulusan madrasah masih kurang mampu untuk bersaing dengan lulusan sekolah umum.

Adapun upaya yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan mutu Lembaga Pendidikan Agama Islam dan menjadi solusi dalam problematika atau masalah yang dihadapi oleh lembaga pendidikan agama islam dalam meningkatkan mutu meliputi: membangun kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan agama islam, menetapkan visi dan misi Pendidikan agama Islam yang matang dan selaras dengan Al-Qur'an dan hadith, merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mencetak lulusan yang memiliki daya saing tinggi, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, serta memperbaiki dan meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan, dengan mengintegrasikan ilmu agama dan umum.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline