Lihat ke Halaman Asli

Naila AdienKumala

Mahasiswa Universitas Jember

KKN BTV III: Mahasiswa UNEJ Lakukan Optimalisasi Penjualan Camilan Melalui Pemasaran dengan Media Sosial

Diperbarui: 12 September 2021   12:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Menanggapi terkait meningkatnya wabah covid-19, Universitas Jember memberikan alternatif program pengabdian Kuliah Kerja Nyata menjadi KKN Back To Village atau KKN Pulang Kampung yang mana mahasiswa melaksanakan program KKN di kampung halaman masing-masing. Program KKN sendiri resmi diterjunkan pada Kamis, 12 Agustus 2021. Namun KKN sudah mulai dilaksanakan satu hari sebelumnya yaitu tertanggal Rabu, 11 Agustus 2021.

Pandemi covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan namun juga berdampak pada menurunnya perekonomian masyarakat pelaku usaha terutama usaha mikro atau UMKM. Dampak ini juga dirasakan oleh ibu Kholida sebagai seorang pelaku usaha mikro yang berlokasi di Desa Karangsari Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi yang mengalami penurunan pendapatan hingga 45% dari pendapatannya sebelum adanya wabah covid-19.

Sebagai bentuk alternatif lain dalam hal pemasaran produk terutama di era pandemik yaitu pemasaran dengan menggunakan media digital. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman terhadap digital marketing dan juga pentingnya product branding menjadi salah satu masalah yang juga dialami oleh ibu Kholida selaku pelaku usaha mikro.

Melihat akan permasalahan tersebut tentu saja solusi alternatif sangat dibutuhkan untuk membantu berjalannya proses usaha. Melalui kegiatan KKN BTV III yang dilakukan selama 30 hari, maka program yang akan lakukan yaitu optimalisasi UMKM dan pendampingan pemasaran melalui media digital.

Kegiatan dimulai dengan melakukan analisis terhadap masalah yang ada bersama ibu Kholida selaku mitra kerja dan juga pelaku usaha mikro. Pada minggu kedua dilakukan percabaan pembuatan produk. Hal ini dilakukan untuk menanggapi permintaan mitra perihal produk baru yang diharapkan dapat menjadi produk andalan nantinya. Pada minggu ketiga banyak dilakukan pendampingan dan pelatihan mengenai desai grafis, product branding, serta  social media marketing yang kemudian dilanjutkan pengenalan dan promosi produk di minggu selanjutnya.

Selama 4 minggu kegiatan KKN BTV III yang dilakukan bersama mitra telah terdapat pengembangan berupa produk baru yang dapta dipasarkan secara luas. "Ternyata bisa ya mba kita buat prosuk baru. Terimaksih mba Naila sudah dibantu dan didampingi sampai sejauh ini. Terimakasih juga Universitas Jember." Ungkap ibu Kholida di hari terakhir KKN BTV III

 

Sampel produk/Dokpri

Sampel produk/Dokpri

Naila Adien Kumala/Karangsari/L. Dyah Purwita WSWW, S.S,. M.A.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline