Lihat ke Halaman Asli

NAIFA PUTI

NIM 22107030055 UIN SUNAN KALIJAGA

Akhirnya Emas Setelah Penantian Lama, Intip Meriahnya Arakan Timnas U22!

Diperbarui: 20 Mei 2023   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

twitter @selfmirror_

kemenangan  yang diraih oleh Timnas U22 dimana mereka berhasil mengalahkan Thailand dengan skor akhir 5 -2 di partai final yang berlangsung di National Stadium, Kamboja SEA Games 2023  dan membawa kebahagiaan yang luar biasa bukan hanya bagi tim yang bermain melainkan juga bagi seluruh masyarakat indonesia. kemenangan ini disebut oleh media luar sebagai kemenangan yang dramatis dan emosional, pasalnya momen ini merupakan momen pertamakalinya setelah 'puasa' selama 32 tahun akhirnya timnas berhasil membawa medali emas untuk indonesia dicabang olahraga sepak bola setelah terakhir kali meraihnya pada tahun 1991.

sebagai bentuk apresiasi terhadap sejumlah atlet yang sudah berpartisipasi dalam SEA Game kamboja 2023 maka diadakanlah arakan atau pawai , terkhususnya untuk timnas U22 yang sudah berhasil membawa pulang medali emas ke indonesia setelah 32 tahun penantian.

dikutip dari laman PSSI, Arya mengatakan bahwa "selain itu juga ungtuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang selama ini mendukung perjuangan tim U22, melihat dan bertemu pemain secara langsung".

 kemenangan yang dirayakan dengan arak-arak ini mengundang antusiasme sejumlah masyarakat terkhususnya para supporter dengan atribut lengkap ikut serta turun kejalan dijakarta. padatnya arakan ini mulai dari kemenpora hingga melewati bundaran HI dan sejumlah ruas jalan lainnya. kegiatan ini seharusnya dimulai pukul 08.00 WIB pada hari jum'at tanggal 19 mei 2023 dimulai dari gedung kemenpora dan berakhir di Stadion Gelora Bung Karno, namun karena antusiasme dari para supporter yang tinggi para supporter timnas ini sudah hadir memenuhi ruas jalan Asia Afrika, Senayan, sejak pukul 05.00 WIB. diketahui bukan hanya timnas yang mengikuti arak-a arakan ini akan tetapi ada 14 cabang olahraga lainnya yang turut serta meramaikan pawai ini.

namun dibalik semaraknya momen pawai kemenangan ini terdapat masalah lain yang muncul yaitu kmacetan yang makin menjadi-jadi di ibukota. sebagai ibukota indonesia, hal -hal seperti kemacetan ini sudah menjadi hal yang biasa. tidak sedikit warganet yang mengeluhkan perihal berbarengannya waktu pawai dengan jam kerja, menurut warganet kemacetan yang ada semakin parah karena adanya perayaan ini, imbasnya,banyak pekerja yang menghabiskan waktu lebih lama dijalan dari waktu biasanya. Erick Tohir selaku ketua umum PSSI penyampaikan permintaan maaf karena kemacetan yang disebabkan perayaan pawai ini.  disela- sela pidato sambutan yang berlokasi di Stadion Gelora Bung Karno dito mengatakan bahwa "Terima kasih untuk seluruh masyarakat khususnya Jakarta. Mohon maaf hari ini dua jam kita bikin macet, tetapi tentunya sangat positif,".

Selain itu karena jumlah masyarakat yang turun kejalanan semakin membludak, kesempatan ini dimanfaatkan oleh oknum- oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksi nya yaitu pencopetan. terduga pelaku tersebut melancarkan aksinya dikeramaian ketika para supporter sedang menunggu kedatangan timnas U22 Indonesia. Namun terduga pelaku tersebut berhasil diamankan oleh pihak yang berwenang.

kritik juga dilayangkan atas perayaan ini alasannya karena tidak hanya cabang olahraga sepak bola saja yang meraih medali emas di SEA Games 2023, ada cabang olahrga lainnya juga yang patut mendapatkan apresiasi serupa. perayaan ini dinilai berlebihan karena bukan hanya timnas U22 saja yang mengharumkan nama bangsa tetapi juga ada cabang olahraga lainnya yang dinilai kurang mendapatkan apresiasi.

masyarakat menjadi terbagi pada 2 kubu dimana pihak satu turut berbahagia dan merasakan euforia kemenangan dengan adanya acara arak- arakan ini karena sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan para timnas yang akhirnya setelah penantian lama kembali mendapatkan medali emas, namun disisi lain terdapat juga pihak yang tidak mendukung perayaan ini karena dinilai tidak adil bagi cabang olahraga lainnya yang juga ikut membanggakan indonesia. salah satu atlet cabang olahraga renang turut mengungkapkan kekecewaannya tersebut, ia merasa mendapatkan perlakuan yang berbeda karena Timnas lebih di istimewakan padahal ia juga mendapatkan medali emas di cabang olahraga renang.

terlepas dari pro dan kontra tersebut kita selaku warga indonesia turut bangga atas pencapaian yang telah diraih oleh atlet -- atlet yang sudah berjuang keras mengharumkan nama bangsa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline