Lihat ke Halaman Asli

Nanang A.H

Pewarta, pegiat dan penikmat aksara

Selain Bumbu, Berikut ini 8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Diperbarui: 24 Agustus 2024   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selain untuk bumbu masakan ternyata bawang putih baik untuk kesehatan (sumber gambar: Unsplash)


Bawang putih (Allium sativum) telah digunakan selama berabad-abad dalam berbagai budaya sebagai bumbu dapur sekaligus obat tradisional.

Aromanya yang khas dan rasanya yang tajam membuat bawang putih menjadi salah satu bahan yang tidak terpisahkan dari banyak masakan di seluruh dunia.

Namun, selain sebagai bumbu, bawang putih juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang telah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah seperti dikutip dari beberapa sumber

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat utama bawang putih adalah kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin, yang dikenal memiliki sifat antimikroba, antivirus, dan antijamur.

Senyawa ini membantu tubuh melawan berbagai jenis infeksi dan penyakit. Studi menunjukkan bahwa konsumsi rutin bawang putih dapat mengurangi risiko terkena flu hingga 63% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Bawang putih diketahui memiliki efek penurunan tekanan darah yang signifikan.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti menemukan bahwa ekstrak bawang putih dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi sebesar 8-10% setelah beberapa minggu konsumsi rutin.

Efek ini disebabkan oleh relaksasi pembuluh darah dan peningkatan aliran darah akibat senyawa sulfur dalam bawang putih.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline