Lihat ke Halaman Asli

Nanang A.H

Jurnalis

Mengenal Hyperthymesia, Sindrom Langka Ingatan Superior

Diperbarui: 25 Oktober 2023   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi jaringan otak manusia (sumber: Pixaby)

Berbicara terkait Hyperthymesia, saya teringat akan teman saya yang mempunyai ciri-ciri yang sama dengan apa yang disebut sindrom hyperthymesia. 

Sesekali ketika kita sedang ngobrol. Dia sering menceritakan pengalaman masa kecilnya puluhan tahun silam dan dia masih mengingat secara detil ingatan masa lalunya tersebut. 

Dia bisa mengingat jenis dan warna baju, jenis celana yang dipakai temannya, Bahkan dia mampu mengingat siapa saja yang ada disekitarnya dan termasuk tema obrolan pada waktu yang sedang dibahas 

Bukan saja ia menceritakan kepada saya, tapi juga kepada beberapa temannya waktu sekolah baik SD, SMP, SMA, Kuliah, ketika mereka dipertemukan kembali. 

Terkadangnya temannya sudah tidak ingat kembali apa yang diceritakannya, ada juga  beberapa yang masih diingatnya.

Beberapa hari lalu saya teringat kembali akan fenomena langka ini, dan saya sedikit riset mencari referensi terkait pengalaman teman saya ini yang ternyata ciri cirinya mirif sindrom Hyperthymesia atau sindrom ingatan superior

Namun walaupun teman saya punya kelebihan bisa mengingat masa lalunya dengan nyaris sempurna, ternyata dia punya kelemahan yaitu dia sangat sulit mengingat jangka pendek yakni diantaranya rute jalan yang pernah dilaluinya, walupun terkadang pernah beberapa melewatinya. 

Apakah ini merupakan bagian dari ciri Hyperthymesia juga, atau ini ciri diluar hal tersebut, saya belum mengetahuinya secara detil

Apa itu Hyperthymesia

Dikutip dari laman halodoc, Hyperthymesia adalah sindrom penyakit langka dimana orang dengan sindrom ini memiliki daya ingat super. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline