Lihat ke Halaman Asli

Kato Nan Ampek: Unggah-ungguh Orang Minang

Diperbarui: 17 April 2024   20:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: pixabay.com

Jika di Jawa kita mengenal aturan unggah-ungguh dalam berkomunikasi dengan masyarakat yang mana komunikasi tersebut didasarkan pada kedudukan dari lawan bicara. Hal ini bertujuan, untuk menghindari adanya kesalahpahaman di antara kedua belah pihak yang sedang berkomunikasi.

Hal ini sesuai dengan bunyi pepatah Jawa "Ajining Diri Saka Lathi, Ajining Raga Saka Busana" yang berarti nilai dari karakter seseorang terletak dari ucapan dan pakaian yang digunakan. Dalam unggah-ungguh ada tingkatan : Ngoko yang digunakan kepada teman sebaya atau orang yang usianya lebih muda dan Kromo digunakan kepada orang yanng lebih tua atau memiliki kedudukan di atas kita.

Aturan atau etika komunikasi ini tidak hanya ada dalam bahasa Jawa, namun juga ada dalam bahasa Minangkabau. Sesuai dengan bunyi pepatah Minang:

Nana kuriak iyolah kundip

Nan merah iyolah sago 

Nan baiak iyolah budi 

Nan indah iyolah baso 

Pepatah tersebut menjelaskan penerapan sopan santun adalah hal utama yang ditanamkan sedari kecil kepada orang Minang karena orang yang bisa menjaga lidah dan bahasanya dianggap sebagai orang yang beradab. Karena banyak perselisihan yang terjadi hanya karena tidak bisa menempatkan diri dan bahasa dalam situasi tertentu.

Suku yang menganut garis keturunan matrilineal ini telah mengatur bagaimana bersikap dan berkomunikasi kepada orang disekitarnya. Dalam bahasa Minangkabau, aturan ini dikenal dengan istilah "Kato Nan Ampek."

Kato nan ampek adalah aturan, tata cara berbicara, atau bahasa yang digunakan saat berbicara kepada orang yang lebih tua, teman sebaya, adik, atau orang yang memiliki kedudukan di atas kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline