Lihat ke Halaman Asli

Nahda rihhada

Mahasiswa

Problematika Pembelajaran di Masa Covid-19

Diperbarui: 14 Juni 2021   23:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

UPI- saya merupakan mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang sedang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik PPD Covid-19. Selama Pandemi Covid-19 melanda seluruh negara yang ada di dunia tentunya hal tersebut memberikan dampak besar terhadap seluruh aspek kehidupan di dalam Masyarakat. Salah satu aspek yang terdampak adalah di bidang pendidikan. Upaya untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di bidang pendidikan,pemerintah mengeluarkan kebijakan dimana kegiatan sekolah dilaksanakan secara daring. 


Sebagai perguruan tinggi yang ada di indonesia,maka Universitas Pendidikan Indonesia turut berkontribusi dalam pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19. Dalam hal ini Universitas Pendidikan Indonesia memfasilitasi mahasiswa agar turut berkontribusi pada program KKN yaitu  Program Edukasi Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan.

Kegiatan KKN ini berlangsung  dan tersebar di beberapa daerah domisili peserta KKN di seluruh Indonesia dengan sasaran jenjang pendidikan yang berbeda. Kegiatan KKN ini pula  dapat dilakukan secara individul ataupun kelompok terbatas yang satu wilayah yang sama. 

Dimana KKN ini saya memfokuskan sasaran kegiatan pada jenjang Pendidikan Sekolah Dasar(SD). KKN Tematik PPD Covid-19 terdiri dari tiga program dimana setiap program terdiri dari beberapa kegiatan. 

Program pertama yaitu program edukasi penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan, program ini merupakan program yang wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa yang melaksanakan KKN Tematik PPD Covid-19. Dua program lainnya merupakan program pilihan dimana mahasiswa dapat memilih dua kegiatan saja dari dua program tersebut. Adapun dua program lainnya yaitu:

Program edukasi pencegahan Covid-19 bagi anak sekolah (TK/PAUD s/d SMA/SMK) secara daring dan program edukasi pencegahan Covid-19 bagi masyarakat secara daring.

Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi.

Mahasiswa Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) tersebut melakukan upaya pendampingan kepada siswa,orang tua dan guru dalam melaksanakan pembelajaran Secara daring, membantu guru dalam hal administrasi sekolah yaitu mengkoreksi lembar jawaban siswa dan membantu merekap nilai siswa. serta membuat video Edukasi Program Penanggulangan Dampak Covid-19 Di Bidang Pendidikan yang di Publikasikan melalui media social. 

Salah satu kegiatan tersebut yaitu melakukan pendampingan belajar terhadap beberapa siswa siswa Sekolah Dasar (SD) secara daring melalui salah satu aplikasi yaitu Whatsapp Group. 

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran terkait dan sebagai bahan persiapan untuk melaksanakan Ujian Akhir Semester. 

Tak hanya untuk siswa, namun kegiatan ini pun dilakukan terhadap orang tua siswa, dengan harapan dapat membantu orang tua dalam mendampingi proses belajar anak. Selain itu, kegiatan yang dilakukan adalah membuat media pembelajaran untuk beberapa materi pelajaran dan membantu administrasi sekolah secara daring.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline