Perkembangan peserta didik dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, yakni :
1. Faktor Biologis: contohnya yaitu seperti genetik, kesehatan fisik, dan perkembangan otak.
2. Faktor Psikologis: contohnya seperti kecerdasan, emosi, motivasi, dan kepribadian.
3. Faktor Sosial: contohnya seperti interaksi dengan keluarga, teman sebaya, dan lingkungan sosial.
4. Faktor Kultural: nilai-nilai, norma, dan tradisi dalam masyarakat tempat peserta didik tinggal.
5. Faktor Ekonomi: Seperti kondisi ekonomi keluarga yang dapat mempengaruhi akses terhadap pendidikan dan pengembangan.
6. Faktor Pendidikan: Seperti kualitas sekolah, metode pembelajaran, dan fasilitas pendidikan yang tersedia.
7. Faktor Lingkungan: Seperti kondisi lingkungan fisik tempat tinggal yang dapat memengaruhi kesejahteraan dan kondisi belajar.
8. Faktor Teknologi: Seperti akses dan penggunaan teknologi informasi yang memengaruhi cara belajar dan berinteraksi.
Semua faktor ini saling berinteraksi dan dapat memiliki pengaruh yang kompleks terhadap perkembangan peserta didik.
Setelah diatas membahas faktor-faktor yang mempengaruhi Perkembangan Peserta didik, mungkin ini beberapa faktor yang tidak secara langsung mempengaruhi Perkembangan Peserta didik yaitu :
1. Cuaca dan iklim : dapat mempengaruhi kesehatan fisik peserta didik, kenyamanan lingkungan belajar, tetapi cuaca dan iklim tidak mempunyai pengaruh terhadap perkembangan kognitif peserta didik.
2. Warna Kulit dan Etnisitas : tidak secara langsung mempengaruhi Perkembangan Peserta didik atau perkembangan intelektual (kemampuan belajar peserta didik).
3. Keberuntungan atau Nasib: Konsep keberuntungan atau nasib tidak memiliki pengaruh ilmiah yang terukur atau konsisten terhadap perkembangan peserta didik. Perkembangan lebih dipengaruhi oleh upaya, kesempatan, dan lingkungan pendidikan.
4. Pakaian atau Mode: Meskipun pakaian dan mode bisa mempengaruhi citra diri dan interaksi sosial peserta didik, mereka tidak memengaruhi perkembangan kognitif, emosional, atau sosial secara langsung.
Memahami faktor-faktor yang tidak secara signifikan mempengaruhi perkembangan peserta didik membantu fokus pada aspek-aspek yang benar-benar relevan dalam mendukung pertumbuhan dan pembelajaran mereka.