Lihat ke Halaman Asli

Helianthe Annora

sekedar rangkaian kata

Hubungan Emosi Positif dalam Meningkatkan Kualitas Hidup

Diperbarui: 2 Juli 2023   00:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengapa kualitas hidup begitu penting? Kualitas hidup adalah pendapat individu tentang situasi hidupnya. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa kualitas hidup adalah persepsi seseorang terhadap dirinya sendiri di lingkungannya. Kualitas hidup seseorang yang baik berdampak positif bagi dirinya dan lingkungannya. Banyak unsur yang terlibat dalam menciptakan kualitas hidup seseorang, termasuk emosi positif.

Emosi positif adalah serangkaian respons emosional yang muncul dari peristiwa atau situasi yang menyenangkan. Ini adalah salah satu emosi dasar yang dialami manusia. Reaksi ini terjadi ketika seseorang berhasil mencapai tujuannya, ketika seseorang telah mencapai apa yang diinginkannya, atau ketika seseorang telah mengatasi kesulitan.

Tugas emosi positif adalah menjalankan fungsi utama tubuh, misalnya untuk bertahan hidup, untuk berkembang dan terus memiliki keturunan yang baik.

Emosi positif memperluas perhatian, membuka hati dan pikiran terhadap berbagai kemungkinan dan peluang, mengundangnya untuk melakukan pencarian kreatif. Perluasan fokus dan keterbukaan hati dan pikiran yang dibawa oleh emosi positif mungkin bersifat sementara, namun dampaknya sangat besar karena emosi positif memotivasi orang untuk bergerak, bangkit, dan membangun. Emosi positif memungkinkan kita membangun sumber daya, yang hasilnya membawa kita ke tingkat yang lebih baik.

Beberapa penelitian juga menjelaskan bahwa emosi positif memiliki berbagai manfaat positif, seperti meningkatkan umur panjang, memperkuat fungsi kekebalan tubuh, menghilangkan rasa sakit, menimbulkan kebahagiaan dan meningkatkan kesehatan.

Emosi Positif juga memiliki berbagai macam jenis, Berikut merupakan contoh emosi-emosi positif berdasarkan teori Sirkumplex.

  • Kesenangan adalah kepuasan emosional yang besar akan sesuatu
  • Kegembiraan adalah perasaan antusias dan keinginan yang begitu besar
  • Keheranan adalah perasaan terkejut dan heran akan suatu hal
  • Kebahagiaan adalah perilaku menunjukan atau merasaakn kesenangan atau kepuasan
  • Senang adalah perasaan bangga atau puas akan suatu hal
  • Relaksasi adalah keadaan dimana seseorang istirahat atau bersantai
  • Tenang adalah perasaan saat seseorang tidak merasakan kecemasan dan tidak kesal

Dari uraian diatas emosi positif cukup berperan dan memberikan manfaat yang banyak dalam kehidupan kita. Maka dari itu emosi positif dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Kualitas hidup adalah persepsi atau pandangan subyektif tentang kehidupan seseorang dalam konteks budaya dan nilai-nilai individu dalam kaitannya dengan tujuan pribadi, harapan, standar hidup dan perhatian yang mempengaruhi kemampuan fisik, mental, kemandirian dan hubungan sosial. dan lingkungan.

Menurut World Health Organization (dalam Setyaningsih, Setiyawan dan Saelan, 2017) kualitas hidup menurut adalah persepsi seseorang dalam konteks budaya dan norma sesuai dengan tempat hidup orang tersebut berkaitan dengan tujuan, harapan, standar dan kepedulian selama hidupnya. Kualitas hidup adalah persepsi individu dalam kemampuan, keterbatasan, gejala serta sifat psikososial hidupnya dalam konteks budaya dan sistem nilai untuk menjalankan peran dan fungsinya (World Health Organization, Murphy dan Zadeh dalam Nurchayati, 2016). Kualitas hidup adalah perbedaan antara apa yang seharusnya dan apa yang ada di dalam masyarakat, perbedaan antara tujuan dan status penilaian (Schwab dalam Massam, 2012).

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas hidup seseorang, namun faktor individual lebih banyak mempengaruhi kualitas hidup. Sesorang yang mengembangkan dan mempertahankan emosi positifnya dapat meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik.

Begitulah hubungan bagaimana emosi positif bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline