Lihat ke Halaman Asli

Mengatur Keuangan Pribadi bagi Mahasiswa Baru

Diperbarui: 17 Agustus 2024   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Semakin beranjak dewasa kebutuhan kita akan semakin banyak dan tentunya saat kita menjadi seorang mahasiswa kita akan menghabiskan banyak sekali uang untuk kebutuhan-kebutuhan kita. Tetapi saat ini masih banyak sekali mahasiswa yang belum faham akan Personal Finance. Personal Finance atau disebut dengan Manajemen keuangan pribadi merupakan kemampuan seseorang dalam mengatur mulai dari perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian dan penyimpanan dana keuangan sehari-hari (Obago, 2014). 

Dan disini kita akan mengupas lebih rinci langakah-langkah seseorang dalam personal finance ini. Dimulai dari perencanaan, tentu sebelum kita melaksanakan sesuatu harusnya kita melakukan perencanaan dan perencanaan yang kita maksud saat ini adalah mengatur keuangan pribadi bagi seorang mahasiswa. 

Yang kedua penganggaran, penganggaran adalah proses penyusunan rencana keuangan pribadi yang dilakukan dengan cara menyusun rencana pengeluaran dalam rangka waktu tertentu dan dinyatakan dalam satuan moneter. 

Langkah ketiga ialah pemeriksaan, pemeriksaan yang dimaksud disini adalah pemeriksaan akan penganggaran yang telah disusun, apakah sesuatu yang kita anggarkan ini kita benar-benar butuh atau hanya keinginan semata saja.

Langkah selanjutnya adalah pengendalian, sebelum mengendalikan suatu hal yang lain kita harus bisa belajar untuk mengendalikan diri kita sendiri. Saat kita sudah melakukan pemeriksaan mana hal yang penting dan sebaliknya, kita harus tetap bisa mengendalikan diri kita untuk berjalan sesuai dengan rencana awal, karena meskipun kita tau suatu hal itu tidak penting dan hanya sebagai pemuas diri kita saja kita akan terus mencari celah untuk mendapatkan apa yang kita mau meskipun itu tidak penting.

Dan langkah yang terakhir ialah penyimpanan dana keuangan sehari-hari atau biasa kita kenal dengan menabung. Manfaat dari menabung sendiri yang utama tentu saja untuk membantu mengantisipasi kebutuhan yang datang tak terduga. Dalam keuangan yang sehat, Anda perlu memiliki dana darurat yang memadai. Besarnya antara 6-12 kali nilai pengeluaran rutin bulanan.

Jadii dengan adanya personal finance ini kita akan lebih menghargai diri kita, mengontrol diri kita serta dapat meningkatkan kualitas hidup kita .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline