Lihat ke Halaman Asli

Perencanaan Pembelajaran Sejarah Kelas 5 di Candi Badut

Diperbarui: 15 Oktober 2024   22:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Candi Badut, sebuah monumen bersejarah yang terletak di Kab. Malang, menawarkan pengalaman belajar yang tak terlupakan. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah dijangkau oleh sekolah-sekolah di sekitar Malang. Candi ini bukan hanya sekadar tumpukan batu, tetapi juga jendela menuju masa lalu yang kaya akan sejarah dan budaya.

Koleksi relief dan ornamen di Candi Badut sangat beragam. Dengan mengamati secara langsung, siswa dapat mempelajari berbagai aspek kehidupan pada masa kerajaan Kanjuruhan. Selain itu, Candi Badut juga dapat menjadi media pembelajaran untuk memahami konsep-konsep sejarah seperti sistem sosial atau kepercayaan. Dengan belajar langsung di situs bersejarah seperti Candi Badut, siswa dapat lebih memahami dan menghargai sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia. Pengalaman ini juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya merawat peninggalan budaya kita. 

Berikut ini adalah rancangan pembelajaran IPS Kelas 5 di Candi Badut :

A. Materi Pembelajaran

Daerahku Kebanggaanku 

B. Capain Pembelajaran 

Pada Fase C peserta didik diperkenalkan dengan sistem - perangkat unsur yang saling terhubung satu sama lain dan berjalan dengan aturan-aturan tertentu untuk menjalankan fungsi tertentu - khususnya yang berkaitan dengan bagaimana alam dan kehidupan sosial saling berkaitan dalam konteks kebhinekaan.

C. Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik dapat mengenal warisan budaya dan mengetahui sejarahnya untuk kemudian dikaitkan dengan kehidupan saat ini.

2. Peserta didik dapat memahami akulturasi melalui sejarah warisan budaya yang ada di daerahnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline