Lihat ke Halaman Asli

Santunan Mahasiswa KKN UPI untuk Orang Tua Jompo di Desa Gombang

Diperbarui: 6 September 2023   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN UPI memberikan santunan kepada Orang tua Jompo (Dokpri)

Kegiatan santunan untuk orang tua jompo dan anak yatim yang dilakukan oleh ketua Rw 05 blok selatan Desa Gombang di wilayah Kecamatan Plumbon (13/08/2023).

Desa Gombang merupakan wilayah yang terletak di Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang wilayahnya sebagian besar adalah Kawasan industri. Desa ini terletak 300 meter kearah timur dari kota Kecamatan serta memiliki luas wilayah sekitar 129 Ha. Masyarakat desa gombang merupakan daerah yang sangat dekat dengan perkotaan serta Kawasan industri yang banyak yaitu sebagian besar masyarakat pengrajin rotan. Dengan hal ini menjadikan wilayah Desa Gombang merupakan wilayah dengan ekonomi masyarakat hampir keseluruhan bekerja penghasil rotan.

Sudah Menjadi program khusus setiap bulan yang di lakukan masyarakat Desa Gombang yaitu dengan memberikan santunan anak yatim dan orang tua jompo yang berada dan tersebar diwilayah blok selatan Rw 05. Ketua Rw 05 beserta para ketua Rt dan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) membantu memberikan santunan kepada sejumlah anak Yatim dan orang tua jompo dengan melakukan kegiatan secara langsung mendatangi sasaran rumah warga yang telah ditentukan oleh pemerintahan setempat. Kegiatan ini dilakukan tidak jauh bertepatan dengan tahun baru Islam 1445 Hijriah serta dilanjutkan dengan kegiatan syukuran pada malam hari berupa tabligh akbar.

Sesuai yang di sampaikan oleh ketua Rw 05 yaitu bapak Sakad " kegiatan ini dilakukan rutin dalam sebulan sekali dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang lebih membutuhkan, dana yang diberikan berasal dari masyarakat dengan menyumbangkan Sebagian hartanya untuk kepentingan santunan orang tua jompo dan anak yatim".

Kegiatan ini dilakukan bersama para Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan pemerintahan setempat dengan cakupan wilayah yaitu Rt 20, 21, dan 22. Sekitar 60 orang yang mendapat santunan sudah termasuk seluruh wilayah yang telah ditentukan oleh pemerintahan setempat. Masyarakat mengajak untuk selalu peduli kepada anak yatim dan selalu berbagi, karena mereka memerlukan perhatian untuk tumbuh sebagai generasi yang berakhlak mulia ditengah masyarakat. Selain itu juga terhadap orang lanjut usia selalu memberi perhatian karena mereka juga berhak untuk hidup layak. "anak yatim maupun panti jompo sudah seharusnya menjadi tangggung jawab kita semua agar mereka mendapatkan kehidupan yang layak," ucap bapak Sakad.

Masyarakat sangat mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintahan Desa Gombang dan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang telah membantu kegiatan santunan dengan memberikan harapan serta doa semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan serta rezeki yang berlimpah dan selalu dalam lindungan Allah SWT.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline