Lihat ke Halaman Asli

Nafa Alfiana

Mahasiswi

Ekspositori Apa Itu?

Diperbarui: 28 Maret 2022   22:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fatkham.web.id

Apa itu stategi pembelajaran ekspositori???

Artinya memberi penjelasan. Dalam konteks pembelajaran, ekspositori merupakan strategi yang diterapkan oleh guru berupa menceritakan atau menjelaskan fakta, ide, dan informasi penting lainnya kepada peserta didik. 

Penjelasan adalah sebuah metode Belajar dengan memberikan informasi yang ditentukan sebelumnya, Prinsip dan konsep mata pelajaran, dengan contoh latihan pemecahannya. Pemecahan masalah bisa dalam bentuk presentasi, tanya jawab, dan tugas ikuti pola yang ditetapkan oleh guru dengan cermat.

Kelebihan strategi pembelajaran ekspositori

1.Dengan strategi pembelajaran ini, guru dapat mengontrol urutan dan tingkat pembelajaran materi pembelajaran, ia dapat mengetahui sejauh mana siswa telah menguasainya materi kursus yang disediakan.

2.Sangat efektif jika subjeknya materi yang harus dikuasai siswa cukup luas, sedangkan waktunya pembelajaran yang terbatas.

3.Melalui strategi pembelajaran ekspositori selain siswa mampu memahami sebuah narasi (ceramah) tentang suatu topik, sementara siswa dapat melihat atau observasi (pelaksanaan melalui demo).

4.Keuntungan lain adalah bahwa strategi pembelajaran ini dapat digunakan untuk sejumlah siswa dan dengan jumlah yang besar.

Pengimplementasikan Strategi ekspositori dalam suatu pembelajaran

1.Persiapan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline