Bismillahirrahmanirrahim..
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semua,Shalom, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan.
Puji serta Syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat-Nya sehingga kami dapat diberi kemudahan dalam menyelesaikan tugas artikel ini. Artikel ini kami tulis untuk memenuhi tugas dari Bapak Ferdiansyah S.E., M.Ak. selaku dosen Mata Kuliah Perilaku Organisasi di Universitas Pamulang.
Beberapa hal mendasar yang perlu kita pahami tentang Delegasi Tugas :
A. Arti Delegasi : Pengertian Delegasi
Kita begitu sering mendengar kata Delegasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Delegasi adalah orang yang ditunjuk atau diutus oleh suatu perkumpulan (misalnya : Negara).
Dalam dunia manajemen, mendelegasikan tugas adalah salah satu tugas dari seorang manajer. Pendelegasian tugas ini dilakukan karena manajer tidak akan bias mengerjakan semua tugasnya sendiri, ada beberapa tugas yang memang harus didelegasikan kepada anggota tim atau rekan kerja lainnya.
Beberapa ahli ada yang mengatakan bahwa delegasi adalah suatu kegiatan untuk memberikan sebagian wewenang dan tanggungjawabnya kepada orang lain untuk melakukan suatu kegiatan yang mana pihak penerima wewenang harus mampu mempertanggungjawabkannya kepada yang melimpahkan wewenang.
Penyaluran wewenang dan juga tanggungjawab kepada oranglain ini adalah suatu kegiatan dasar dalam sebuah perusahaan. Tujuannya adalah agar upaya pengambilan kebijakan dan proses operasional didalam perusahaan bias berjalaan sebagaimana mestinya
B. Tujuan dan Manfaat Delegasi
Delegasi adalah sebuah keharusan yang wajib dipraktikan agar organisasi/perusahaan berjalan secara efisien. Adapun tujuan dan manfaat delegasi sebagai berikut :
- Agar organisasi dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien
- Memungkinkan atasan dapat memusatkan perhatian kepada hal-hal lain yang lebih prioritas sehingga organisasi/perusahaan berjalan lebih maksimal
- Untuk membantu atasan dalam menilai dan mengambil keputusan yang tepat
- Agar semua pihak didalam organisasi/perusahaan dapat berperan secara maksimal sesuai dengan kemampuannya
- Mendorong semua pihak didalam organisasi/perusahaan berorientasi paada target dan kualitas yang ingin dicapai
- Memungkinkan bawahan berprestasi untuk tumbuh dan berkembang dalam karir, serta sebagai bahan informasi untuk belajar dari suatu keberhasilan maupun kesalahan
C. Unsur-Unsur yang Didelegasikan
Ada beberapa hal yang didelegasikan oleh atasan kebawahan, di mana masing-masing tugas saling berkaitan satu sama lain :
- Tugas (Responsibility)
Ini merupakan hal utama yang akan didelegasikan oleh atasan kepada bawahannya. Atasan akan memberikan tugas apa saja yang harus dilakukan oleh delegasinya, sehingga bias berjalan dengan baik.
- Kekuasaan (Authority)
Delegasi juga akan diberikan wewenang penuh dalam mengambil keputusan. Sebagai seorang delegasi, mereka akan bertindak sebagai perwakilan institusi atau organisasi, sehingga keputusan tersebut sah dan legal hukumnya.
- Pertanggungjawaban (Accountability)
Selain mendapatkan wewenang penuh, seorang delegasi juga harus siap untuk dimintai pertanggungjawabannya terutama disetiap keputusan yang sudah diambil, mereka harus transparan dalam mengungkapkan alasan dari sebuah keputusan.
D. Teknik yang Dapat Diterapkan untuk Delegasi
Berikut ini beberapa teknik delegasi untuk meningkatkan keterampilan :
- Pahami apa dan mengapa ingin didelegasikan
- Siapkan strategi dan rencana delegasi
- Pilih orang tepat untuk tugas delegasi tersebut
- Berikan tugas dan kepercayaan sepenuhnya kepada orang yang didelegasikan
- Delegasikan pekerjaan berdasarkan minat dan keterampilan
- Tetapkan tenggang waktu dan lakukan evaluasi
- Berikan umpan balik, dukungan dan sumber daya
PENUTUP
Demikian tugas artikel ini kami tulis, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua..
Salam Hangat dari kami :