Assalamualaikum readers..
Semoga selalu senantiasa diberikan kesehatan dan kelancaran dalam segala hal yang di lakukan amin..
Marketing Plan atau perencanaan pemasaran adalah salah satu hal yang sangat penting bagi kita dalam memulai sebuah usaha, hah kenapa bisa penting? Ya benar sekali karena suatu pemasaran yang baik maka akan memberikan feedback pemesanan product yang baik juga. Kuta bisa mendapatkan banyak keuntungan dari sini.
Nah apa saja sih yang penting dalam merancang atau menyusun marketing plan?
1. Tujuan, ya kita harus mengetahui apa sih tujuan kita dalam membuka bisnis mau kita bawa kemana bisnis kita dan agar ketika sudah ada tujuan maka kita akan menjadi kus terhadap apa yang ingin kita capai.
2. Target pasar, sebelum kita menjual product kita sangat penting untuk kita mengecek dulu keadaan pasar yang ingin kita distribusikan product kita apa benar product kita akan mudah di terima dan sangat cocok dan dibutuhkan masyarakat tersebut dan apakah harga dengan keadaan oasar kuta sudah coxok.
3. Prioritas, kita harus tau dan dapat membedakan mana prioritas dan mana yang bukan sehingga dalam memajukan usaha kita dapat memilah dan menomor duakan yang bukan prioritas. Misalnya bnyak repeat order yang menyukai product A, maka kita harus memperbnyak product tersebut dari pada product yang tidak begitu diminati.
4. Fokus terhadap ide, ya memang memiliki banyak ide adalah hal yang baik, namun memiliki satu ide dan itu bisa kita realisasikan dan kita kembangkan itu jauh lebih baik.
5. Bugeting, sangat penting dalam memulai usaha dalam menentukan berapa modal awal, karena kita tidak bisa seeenaknya mengeluarkan uang kita untuk usaha tanpa kita hitung terlebih dahulu, disini fungsi menetapkan modal adalah agar lebih mudah untuk kuta dalam mengjitung hasil yang kuta dapat.
Okee sudah kuta ulas sedikit mengenai Marketing plan yuuk lanjut ke Segmentasi, apasih Segmentasi?
Segmentasi adalah sebuah usqha yang kuta lakukan dalam mengorganisir atau mengelompokan konsumen sesuai dwngan apa yang mereka butuhkan misalkan apabila kita menjual sebuah product kecantikan, kita mengelompikanya yaiti dengan orang-orang atau masyarakat yang ada di daerah pantai cenderung bercuaca panaa sehingga kita lebih memperbnyak product yang melindungi kulit, sedangkan untuk daerah pegunungan karena dingin maka kita akan memperbanyak product seperti pelembab karena cenderung kering di kulit.