Lihat ke Halaman Asli

Nadya Nurhaliza Rahmadani

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Prodi S1 Farmasi

Meningkatkan Kualitas Diri Melalui Perubahan Kecil

Diperbarui: 22 November 2021   15:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Judul Buku       : Atomic Habits

Penulis              : James Clear

Penerbit            : Gramedia Pustaka Utama

Kota Terbit       : Jakarta

Tahun Terbit   : 2019

Tebal                   : ix + 340 halaman

ISBN                    : 978-602-06-3317-6

 

Siapa yang tidak ingin memiliki kebiasaan baik? Siapa yang tidak ingin menjadi versi terbaik dari dirinya? Kita semua tentu ingin mengembangkan diri menjadi lebih baik. Sebagian dari kita mungkin tidak menyadari bahwa hanya dengan perubahan 1% lebih baik setiap harinya akan menghasilkan perubahan yang besar. Perubahan-perubahan kecil sering kali terlihat tidak memberikan perbedaan. Namun, jika dilakukan secara terus menerus akan memberikan hasil yang luar biasa. Buku Atomic Habits hadir sebagai referensi bacaan yang diharapkan dapat menggugah motivasi para pembaca untuk membangun kebiasaan baik dan meninggalkan kebiasaan buruk. James Clear adalah orang dibalik suksesnya buku Atomic Habits. Buku bertema self improvement ini terbukti dalam meningkatkan kualitas diri.

Buku Atomic Habits diawali dengan kisah nyata yang dialami penulisnya, yaitu James Clear. Berawal dari hal yang tidak diharapkan, James saat muda mengalami kecelakaan saat bermain bisbol sehingga membuat dia cedera dan tidak bisa mengikuti olahraga bisbol. James tidak menyerah begitu saja, usaha latihan terus menerus dilakukannya dengan semaksimal mungkin sehingga menjadi suatu kebiasaan. Terbukti dari kebiasaan baik yang dia lakukan terus menerus mengantarkan James kepada kesuksesan di Universitasnya. James memberikan kita bukti nyata kekuatan dahsyat dari kebiasaan yang sederhana menghasilkan hasil yang luar biasa.

Buku Atomic Habits membuka pikiran kita apabila menginginkan hasil yang terbaik maka kita harus melupakan sasaran yang ingin dituju tetapi fokus pada sistem yang ada. Hasil adalah apa yang kita usahakan, proses adalah cara yang kita lakukan, dan mengubah identitas adalah apa yang kita yakini. Kebiasaan-kebiasaan kecil akan membentuk identitas kita. Ada dua kesalahan yang dilakukan ketika ingin membiasakan perbuatan baik yaitu berusaha mengubah sesuatu tetapi salah sasaran, serta berusaha mengubah sesuatu tetapi caranya salah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline