Lihat ke Halaman Asli

Nadya Khoirunnisa

Suka membaca berita dan menonton drama & berita

Mau Jadi Seorang Jurnalis? Kenali Dulu Jenis-Jenis Penulisan Lead Berita

Diperbarui: 17 Oktober 2020   18:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: https://www.koransekolah.com/2018/03/teknik-dan-cara-menulis-berita.html

Jurnalis merupakan sebutan untuk seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik seperti menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada publik lewat media massa secara teratur. Kegiatan jurnalistik sendiri dilakukan di berbagai media massa seperti koran, majalah, radio, televisi, juga media online. 

Seorang jurnalis harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai dunia jurnalistik, terutama soal teknik menulis berita di media massa. 

Bagaimana sih teknik menulis berita?... Yuk, simak pembahasannya dibawah ini..!

Sumber gambar: open.ac.uk

Teknik menulis berita adalah cara menyusun laporan atau informasi aktual tentang suatu peristiwa atau masalah untuk di publikasikan di media massa. Nah, disini saya akan membahas mengenai beberapa macam Penulisan Lead (Teras Berita)

Penulisan lead (Teras Berita)

Teras berita merupakan alinea / paragraf pertama naskah berita setelah judul. Teras berita yang bagus tidak lebih dari 30-35 kata atau tiga baris ketikan. 

Teras berita sendiri mempunyai unsur 5W+1H yaitu WHO (Siapa), WHAT (Apa), WHEN (Kapan), WHERE (Dimana), WHY (Kenapa), dan HOW (Bagaimana). Penulisan teras berita antara lain menyusun unsur-unsur tersebut dengan benar. Unsur WHO dan WHAT ditempatkan di awal kalimat, unsur WHEN dan WHERE ditempatkan di akhir kalimat, sedangkan unsur WHY dan HOW ditempatkan di tubuh berita (body). 

Contoh lead :

Ribuan mahasiswa Karawang melakukan aksi unjuk rasa pada 8 Oktober 2020 di depan gedung Pemda Karawang, terkait di sahkannya RUU CIPTA KERJA oleh DPR yang dianggap menyusahkan para pekerja.

Penggunaan lead pada berita berdasarkan jenis-jenisnya :

a. Hard Lead = Jenis yang langsung masuk ke inti cerita dengan cara menunjukkan informasi paling penting dari sebuah peristiwa. Teras berita ini paling umum digunakan pada penulisan berita, dan biasa juga disebut straight lead. Contoh : “Terjadi baku tembak antara Polri dengan kelompok ISIS di daerah Sumatera Selatan, Rabu 26 Juni 2019.”

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline