Lihat ke Halaman Asli

Nadya Kartika Putri

Terus Belajar

Kali Kedua Ramadhan yang Rindu Kampung Halaman

Diperbarui: 24 April 2021   12:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.Pribadi (Keluarga Besar Bapak Rejo Kamdani)

Indonesia sampai saat ini masih diselimuti oleh virus Corona, karena dengan mudahnya virus ini dapat menyebar secara luas. Maka pemerintah dengan resmi melarang masyarakat untuk mudik lebaran 2021. 

Hal ini didasarkan dengan alasan moment mudik lebaran adalah moment dimana terjadi pergerakan atau perpindahan masyarakat dari wilayah satu ke wilayah lainnya yang dilakukan secara serentak.

Sejak tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 pemerintah melarang masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik lebaran, aturan ini berlaku untuk seluruh ASN, TNI, Polri, BUMN, swasta maupun pekerja mandiri dan juga seluruh masyarakat.

Masyarakat Indonesia memang menjadikan bulan Ramadhan ini adalah salah satu adat kebiasaan untuk berkumpul bersama sanak saudara di Kampung halamannya. Mengingat hal itu masyarakat berniat untuk merencanakan perjalanan mudik lebaran sebelum tanggal 6 Mei 2021.

Tetapi di luar ekspektasi tersebut rupanya Pemerintah sudah mengatur strategi untuk mengurangi frekuensi perpindahan masyarakat  yang akan terjadi, karena ada kemungkinan musim mudik lebaran 2021 ini justru mengalami peningkatan dengan jumlah yang besar sebelum tanggal 6 Mei. 

Langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah yaitu dengan melakukan penjagaan yang ketat mulai tanggal 22 April kemarin hingga 24 Mei 2021 mendatang.

Pemerintah sudah mengerahkan 1.313 personel untuk melakukan penjagaan yang ketat dibeberapa titik jalur mudik dari Lampung hingga bali, terdapat kurang lebih 333 titik pos penyekatan termasuk pada jalur-jalur tikus yang mungkin akan dilalui oleh pemudik roda dua. 

Jumlah ini telah mengalami penambahan dari hasil revisi tahun lalu yang hanya terdapat 146 titik pos penyekatan.

Dengan adanya kebijakan baru ini membuat masyarakat mengurungkan niatnya untuk mudik lebaran 2021, sehingga Ramadhan tahun ini adalah kali kedua masyarakat merindukan kampung halamannya.

Nadya Kartika Putri

(Mahasiswi PPKn Universitas Pamulang)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline