Lihat ke Halaman Asli

Nadya Karlina Nurohmatika

Mahasiswa Universitas Airlangga

Masa Depan Cerah Ksatria Laskar Menyongsong Society 5.0

Diperbarui: 24 Agustus 2022   23:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengutip dari laman resmi CAO Japan, masyarakat 5.0 atau society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan beragam inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0.

Menjadi ksatria laskar vokasi tentunya suatu kebanggaan tersendiri. Lalu bagaimana agar ksatria laskar ini memiliki masa depan yang cerah dalam menyongsong society 0.5 ini? Berikut beberapa tips agar memiliki masa depan yang cerah:

Pertama, tentu kita sebagai ksatria harus memiliki tujuan atau arah hidup yang jelas. Dengan adanya tujuan, kita akan menjadi tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak seharusnya dilakukan.

Kedua, mencari solusi terhadap sesuatu yang tidak kita sukai. Sukses itu pilihan, tergantung mau atau tidaknya kita mengolah potensi yang ada di diri kita. Ketika ada yang tidak kita sukai, maka cari dan temukan solusinya.

Ketiga, menekuni yang menjadi minat dan bakat. Ketika kita sudah tau tujuan dan akan menjadi seperti apa kita nantinya. Maka kita hanya perlu menjalaninya dan jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan kita, serta memanfaatkan setiap peluang serta kesempatan yang ada.

Terakhir, jangan pernah menyerah. Karena kita tidak pernah tahu di titik mana kita mencapai puncak. Jangan sampai yang seharusnya tinggal satu langkah lagi tapi kita sudah berhenti. Maka dari itu, selama kita hidup, jangan sia-siakan waktu kita untuk menyerah pada keadaan.

Jangan sampai menyesal di akhir. Ingat, now or never!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline