Lihat ke Halaman Asli

Nadya Putri

Freelancer

Sejarah Mobil Sport: Dari Kemewahan hingga Mesin Kecepatan Ikonik

Diperbarui: 18 Oktober 2024   08:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sejarah Mobil Sport: Dari Kemewahan hingga Mesin Kecepatan Ikonik

Mobil sport telah lama menjadi simbol gairah, kekuatan, dan keanggunan otomotif. Evolusinya berlangsung selama lebih dari satu abad, dimulai sebagai ceruk bagi kaum elit kaya dan berubah menjadi ikon performa dan gaya yang dianut oleh para penggemar mobil di seluruh dunia. Sejarah mobil sport adalah kisah tentang inovasi, persaingan, dan pengejaran kecepatan dan keindahan yang tiada henti.

Tahun-tahun Awal: Kelahiran Mobil Sport (1900-an–1920-an)

Permulaan mobil pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 memunculkan keinginan untuk tidak hanya menjadi alat transportasi tetapi juga kesenangan berkendara. Mobil sport awal seringkali merupakan mesin yang dibuat khusus dan dibuat dengan tangan yang dirancang untuk segelintir orang yang mencari lebih banyak kegembiraan di balik kemudi. Vauxhall 25-hp ‘Prince Henry’ tahun 1914 sering disebut sebagai salah satu mobil sport sejati pertama, yang memadukan performa dan bobot ringan untuk pengalaman berkendara yang mendebarkan.

Selama era ini, produsen Eropa seperti Bugatti, Alfa Romeo, dan Bentley mulai membuat mobil yang ramping dan bertenaga dengan penekanan pada kecepatan. Merek-merek ini membantu meletakkan dasar bagi apa yang kemudian menjadi mobil sport modern, dengan model seperti Bentley 3 Litre mendominasi ajang balap motor awal seperti Le Mans.

Zaman Keemasan: Inovasi Pasca-Perang (1940-an–1960-an)

Periode setelah Perang Dunia II menyaksikan ledakan signifikan dalam produksi dan popularitas mobil sport. Kemajuan teknologi dari upaya perang membantu produsen mendorong batasan-batasan dari apa yang mungkin dalam hal desain dan performa. Era ini memperkenalkan beberapa mobil sport paling legendaris sepanjang masa.

Produsen mobil Inggris, khususnya, mendominasi kancah mobil sport selama periode ini. Jaguar meluncurkan XK120 pada tahun 1948, mobil roadster yang cantik dan cepat yang dapat mencapai kecepatan 120 mph, menjadikannya mobil produksi tercepat saat itu. Sementara itu, perusahaan Inggris MG memperkenalkan mobil sport terjangkau seperti MG TC, yang menjadi hit di Amerika Serikat, memicu kecintaan abadi Amerika terhadap mobil sport Inggris.

Di Eropa, Ferrari, Porsche, dan Mercedes-Benz menorehkan prestasi. Ferrari, yang didirikan pada tahun 1947, dengan cepat memantapkan dirinya sebagai produsen utama mobil sport berperforma tinggi, dengan model seperti 250 GTO yang mendefinisikan keunggulan. Peluncuran Porsche 356 pada tahun 1948 menandai dimulainya hubungan legendaris merek tersebut dengan mobil sport. Mercedes-Benz meluncurkan 300SL Gullwing yang ikonik pada tahun 1954, yang menampilkan sistem injeksi bahan bakar yang inovatif dan desain yang memukau, menjadikannya mobil klasik instan.

Era Mobil Otot dan Setelahnya (1960-an–1980-an)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline