Lihat ke Halaman Asli

Nadya Putri

Freelancer

Langit Kuno: Pengunjung Luar Angkasa dalam Sejarah

Diperbarui: 22 September 2024   02:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Pengunjung Luar Angkasa, sumber: iStock)

Langit Kuno: Pengunjung Luar Angkasa dalam Sejarah?

Sejak dahulu kala, umat manusia memandang langit dengan rasa takjub dan penasaran. Pada malam berbintang, nenek moyang kita mengagumi luasnya kosmos dan terkadang menemui fenomena yang tidak dapat dijelaskan yang tidak dapat mereka pahami. Di antara peristiwa-peristiwa tersebut, penampakan benda terbang tak dikenal (UFO) telah meninggalkan jejak mendalam dalam sejarah, memicu mitos, legenda, dan teori yang bertahan hingga saat ini.

Jejak yang Tidak Dapat Dijelaskan

Dalam kebudayaan kuno, catatan tentang benda terbang aneh ditemukan dalam teks suci, ukiran batu, dan lukisan gua. Di Mesir, misalnya, ditemukan hieroglif yang mewakili benda terbang berbentuk cakram, mirip dengan piring terbang yang digambarkan saat ini. Di dalam Alkitab disebutkan tentang kereta api yang membawa Elia ke surga, peristiwa yang sebagian orang tafsirkan sebagai penampakan UFO.

Melampaui Batas

Di Amerika Selatan, budaya pra-Columbus, seperti suku Maya dan Aztec, juga meninggalkan catatan tentang benda terbang. Bangsa Maya, misalnya, memiliki dewa bernama "Itzamná" yang konon bepergian dengan kereta api. Suku Aztec menggambarkan benda terbang berbentuk cakram yang memancarkan cahaya dan suara.

UFO di Peradaban Kuno

- Mesir: Pada dinding kuil Abydos terdapat relief yang melambangkan benda terbang berbentuk cakram, mirip dengan piring terbang modern. Beberapa ahli berpendapat bahwa relief ini mewakili penampakan UFO.

- Mesopotamia: Dalam tablet tanah liat Sumeria, ditemukan teks yang menggambarkan benda terbang yang bergerak dengan kecepatan tinggi dan memancarkan cahaya. Benda-benda ini digambarkan sebagai “kereta api” atau “bintang jatuh”.

- India: Dalam Weda, kitab suci agama Hindu, disebutkan tentang kendaraan terbang yang disebut "Vimana", yang digambarkan sebagai pesawat luar angkasa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline