Lihat ke Halaman Asli

Nadya Putri

Freelancer

Fakta yang Jarang diketahui Tentang Mercedes-Benz 300SL Gullwing

Diperbarui: 15 Agustus 2024   14:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Mercedes-Benz 300SL Gullwing, sumber: iStock/Sjo)

Fakta yang jarang diketahui tentang Mercedes-Benz 300SL. Mercedes-Benz 300SL, yang sering dikenali dengan pintu gullwingnya yang ikonik, adalah salah satu mobil sport paling terkenal sepanjang masa. Namun, dibalik eksteriornya yang ramping dan silsilah balapnya terdapat banyak fakta yang jarang diketahui yang berkontribusi pada status legendarisnya. 

Berikut adalah melihat lebih dekat beberapa detail menarik ini: 

1. Asal usul Olahraga Motor

Akar 300SL dapat ditelusuri kembali ke dunia olahraga motor. Awalnya dikembangkan sebagai mobil balap untuk musim balap 1952 yang dikenal dengan nama W194. Mercedes-Benz rekayasanya dengan rangka tubular yang ringan untuk mencapai rasio power-to-weight yang mengesankan, yang kemudian menjadi landasan untuk versi produksinya. Kesuksesan mobil ini dalam balapan seperti Le Mans 24 Jam dan Carrera Panamericana membangun reputasi 300SL jauh sebelum menjadi legenda jalanan. 

2. Mobil Produksi Pertama dengan Injeksi Bahan Bakar

300SL adalah mobil produksi pertama di dunia yang memiliki fitur injeksi bahan bakar langsung. Teknologi canggih ini, yang diadaptasi dari pengalaman perusahaan dengan mesin pesawat selama Perang Dunia II, memungkinkan mesin 3.0 liter inline-enam menghasilkan 215 tenaga kuda, peningkatan yang signifikan dari 175 tenaga kuda yang dicapai oleh versi karburator dari mesin yang sama. Inovasi ini berkontribusi pada kecepatan tertinggi 300SL sebesar 160 mph, menjadikannya mobil produksi tercepat pada masanya.

3. Keunggulan Aerodinamis

Pintu gullwing, salah satu fitur paling khas dari 300SL, bukan sekadar desain yang berkembang. Mereka adalah suatu kebutuhan karena space frame tubular mobil yang inovatif. Desain rangka ini, yang memberikan kekakuan dan kekuatan luar biasa sekaligus menjaga bobot tetap rendah, memerlukan kusen pintu yang tinggi. Pintu konvensional tidak praktis, jadi para insinyur merancang pintu berengsel atas yang terbuka ke atas, menciptakan tampilan gullwing yang sekarang terkenal. Desain ini juga meningkatkan aerodinamis, berkontribusi pada performa mobil yang mengesankan. 

4. Fitur Keamanan yang Tidak Biasa

300SL juga lebih maju dalam hal keselamatan. Ini adalah salah satu mobil pertama yang memiliki fitur tangki bahan bakar pengaman yang terletak di atas poros belakang, jauh dari bagian belakang mobil yang rentan. Penempatan ini mengurangi risiko kebocoran bahan bakar dan kebakaran jika terjadi tabrakan dari belakang, sebuah fitur keselamatan bijaksana yang akan menjadi lebih umum pada dekade-dekade berikutnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline