Lihat ke Halaman Asli

Nadya Putri

Freelancer

15 Fakta Menarik yang Belum Anda Ketahui tentang Leonardo Da Vinci

Diperbarui: 17 Juli 2024   05:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Leonardo Da Vinci, sumber: Shutterstock)

15 Fakta Menarik Yang Belum Anda Ketahui Tentang Leonardo Da Vinci 

 1. Ia memiliki karunia menulis cermin, suatu cara menulis di mana semua huruf dibalik untuk "menyembunyikan" pesan dan hanya dapat dibaca dengan cermin.

 2. Namanya "Da Vinci" mengacu pada kota tempat ia dilahirkan: Vinci, sebuah kota Italia di provinsi Tuscany.

 3. Ia belajar membaca dan menulis pada usia lima tahun. Dia adalah anak yang sangat cerdas dan keras kepala.

 4. Ia menciptakan teknik "Sfumato", yaitu menciptakan bayangan dengan sapuan yang sangat hati-hati dan kecil dengan tujuan memberikan kedalaman. Bayangannya sangat halus hingga hampir terlihat seperti asap.

 5. Sebagian besar lukisannya tidak lengkap. Leonardo adalah seorang pria dengan banyak proyek dan banyak ide untuk dikembangkan. Ketika dia bosan dengan sebuah lukisan, dia membiarkannya setengah jadi. Banyak karyanya yang masih berupa draft.

 6. Ketika saya masih kecil, saya memiliki humor yang sangat mengerikan. Suatu kali, ayahnya menghukumnya dengan membuat gargoyle yang mengerikan dari batang kayu di kebunnya.

7. Dia mempelajari tubuh binatang dan terinspirasi dari hal ini dia menciptakan senjata perang. Misalnya, ia orang pertama yang membuat desain tank perang dan terinspirasi dari cangkang kura-kura.

 8. Leonardo jarang melukis dengan model, tapi ketika dia melakukannya, dia menyewa musisi untuk bermain sambil melukis agar para model bisa bersantai.

 9. Dia pecinta binatang, khususnya kuda, yang menurutnya menarik. Dia menghabiskan waktu berjam-jam membedah mayat untuk mempelajari struktur tulang dan otot mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline