Lihat ke Halaman Asli

Nadya Putri

Freelancer

Fakta Menarik Seputar Kemenyan

Diperbarui: 7 Juli 2024   16:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Gambar Kemenyan, sumber: depositphotos/fotomem)

Apakah kamu menyukai kemenyan? Seberapa banyak yang Anda ketahui tentang resin kemenyan? Temukan alasan mengapa Kemenyan telah memikat umat manusia selama berabad-abad, mulai dari penggunaannya di kuil-kuil Mesir kuno hingga statusnya yang dihormati dalam teks suci dan terapi aromatik tradisional sepanjang zaman. Yuks, simak sedikit ulasan tentang kemenyan.

Kemenyan adalah salah satu resin dupa paling terkenal di planet ini. Namun banyak orang tidak mengetahui bahwa resin berharga ini sedang berjuang untuk bertahan hidup di alam liar. Sedikit orang yang mengetahui manfaat dan kegunaan dari resin yang satu ini, kemenyan bukan hanya sebuah dupa atau wangi-wangian yang digunakan untuk acara adat dan ritual saja. Namun, kemenyan menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.Untuk itu pelajari sedikit fakta menarik tentang kemenyan.

(foto kemenyan, sumber: depositphotos/fotomem)

Fakta Menarik Tentang Kemenyan yang mungkin belum Anda ketahui:

Kemenyan berfungsi sebagai dupa persembahan dalam pemujaan dewa matahari Mesir kuno Ra, yang dilambangkan dengan mata "yang melihat segalanya" yang menyala tanpa penghakiman. Orang Mesir percaya bahwa pembakaran Kemenyan dapat menyalakan cahaya batin pikiran. Kemenyan bukan hanya untuk dupa. Telah digunakan dalam wewangian, perawatan kulit, dan bahkan obat-obatan tradisional pada zaman Mesir kuno. Fleksibilitasnya menawarkan manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya untuk setidaknya 6 sistem tubuh yang berbeda.

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak penekanan pada praktik pemanenan kemenyan yang berkelanjutan. Akibat pemanenan berlebihan dan hilangnya habitat, beberapa spesies pohon Boswellia terancam atau bahkan sangat terancam punah. Upaya sedang dilakukan untuk mempromosikan pengadaan yang bertanggung jawab untuk memastikan umur panjang resin berharga ini. 

Kisah Menarik dibalik Kemenyan dari berbagai sumber dan informasi terkait tentang kemenyan

Salah satu kisah Kemenyan yang paling terkenal adalah kisah Alkitab tentang 3 orang Majusi yang menghadiahkan Kemenyan, Mur, dan emas kepada bayi Yesus. Tapi apa arti sebenarnya di balik kisah ini? 

Beberapa orang mengatakan bahwa 3 Orang Majusi ini memberikan hadiah sebagai perlindungan karena mereka mengetahui khasiat obat dari resin, dan yang lain mengatakan bahwa hadiah tersebut diberikan karena alasan spiritual, yang menunjukkan bahwa setiap hadiah membawa simbolisme yang mendalam. 

Beberapa orang percaya bahwa emas melambangkan kelimpahan dan kekayaan, Mur melambangkan keabadian. Sebaliknya, kemenyan melambangkan keilahian dan spiritualitas. Asap harum Kemenyan secara tradisional digunakan dalam ritual keagamaan sebagai persembahan kepada para dewa, menandakan doa naik ke surga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline