Lihat ke Halaman Asli

Tingkatkan Keaktifan Guru pada Media Pembelajaran yang Kreatif untuk Peserta Didik

Diperbarui: 23 Desember 2018   22:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di zaman modern ini berbagai macam media pembelajran semakin berkembang. Semakin canggih teknologi, maka semakin canggih media-media pembelajaran yang dapat digunakan. Tetapi masih banyak guru-guru yang tidak memanfaatkan media-media pembelajaran tersebut, entah karena berbagai kendala yang belum memungkinkan untuk menggunakan media-media pembelajaran ataupun kurangnya pengetahuan/pengalaman guru tersebut terhadap media.

Hal tersebut merupakan salah satu penyebab kurangnya minat guru terhadap pemanfaatan media pembelajan, padahal jika guru bisa memanfaatkan media pembelajaran dengan baik, maka pembelajaran bisa berjalan dengam mudah dan juga kekreatifan guru dalam pengembangam media pembelajaran dapat menghasilkan inovasi baru dalam pembelajran, yang mana jika inovasi tersebut dapat berjalan dengan baik saat digunakan dalam media pembelajaran juga bisa digunakan oleh guru-guru yang lain.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan minta guru dalam memanfaatkan media pembelajaran dapat diadakan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengam media pembelakaran agar guru bisa lebih berminat dam juga dapat menggunakan media pembelakaran. Banyak media-media yang dapat digunakan dalam pembelajaran. 

Contohnya, dahuli guru masih menggunakan media papan tulis untuk menyampaikan materi, tapi di zaman sekarang yang makim canggih ini sekarang guru dapat menggunakan komputer dan LCD sebagai media penyampaian materinya. Bukam hanya keterbatasan guru dalam menggunakan media tersebut, keterbatasan alat juga merupakan penyeban kurangnya penggunaan media pembelajaran.

Untuk daerah pelosok masih banyak yang tidak memiliki alat dam media yang memadai, banyak guri yang hanya memakai media dengan seadanya karena kurangnya media-media yang dapay digunakam dan juga kurangnya tenaga pengajar didaerah pelosok. Oleh kerana itu, pemerintah melakukan kegiatan yang dapat membantu daerah pelosok agar dapat terus berkembang dan menjadi lenih baik. Banyak program-program yang telah dilakukan pemerintah dalam menangani hal pendidikan.

Bukan cuma pelatihan yang diadakan oleh pemerintah, guru juga dapat mengikuti seminar dan workshop yang diadakan oleh instansi-instansi lain. Selain itu guru juga dapat menerepkan secara langsung penggunaan media pembelajaran aaat mengajar agar guru lebih biasa dalam mengembangkan media pembelajaran dan juga mengetahu secara langsung dampak penggunaan yang diterapkan yang dapat dijadikan evaluasi dalam memperbaiki media pembelajaran ataupun dapat mengganti dengan media yang lain agar pembelajaran menjadi semakin menarik karena berbagai macam media yang telah digunakan untuk pembelajaran.

Oleh karena itu, diharapkan guru dapat menggunakan media pembelajaran dengan baik agar pembelajaran bisa semakin menarik dan semakin menyenangkan, karena dengan gaya mengajar guru yang monoton juga bisa membuat murid-murid merasa bosan oleh karena itu guru juga harus bisa mengembangkan media-media pembelajaran yang telah ada.

Dapat disimpulkan semakin berkembang zaman, maka semakin berkembang teknologi yang ada disekitar kita begitupun juga dengan media-media pembelajaran yang makin berkembang, tetapi karena berbagai keterbatasan menjadi faktor kurangnya penggunaan dalam media dan juga mengembangkan media-media pembelajaran, maka oleh karena itu guru diharapkan bisa menggunakan dan mengembangkam media-media agar menghasilkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dan juga agar murid lebih bisa berkembang dengan perkembangan teknologi yang telah ada.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline